Penulis Utama : Fera Witri Utami
NIM / NIP : D1215022
×

ABSTRAK

Penelitian berawal dari kedekatan penulis dengan salah satu staff di karaoke Insomnia yang akhirnya mengenalkan teman-teman lady companionnya. Penulis melihat banyak kesan yang ditampilan lady companion ketika nongkrong. Hal inilah yang menjadi ketertarikan penulis untuk mengetahui kesan seperti apa yang ingin ditampilkan atau dibentuk oleh lady companion saat di tempat karaoke Insomnia maupun di luar karaoke Insomnia.
Penelitian ini menggunakan teori dramaturgi atau manajemen kesan untuk mengetahui kesan yang ditampilkan informan sebagai lady companion atau bukan lady companion dalam membangun hubungan interpersonal di lingkungan sosialnya. Penulis membagi lingkungan sosial menjadi 4 lingkungan yaitu lingkungan insomnia karaoke, keluarga, masyarakat sekitar, serta lingkungan pertemanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif  sedangkan data dalam penelitian ini adalah data kualitatif (Data yang bersifat tanpa angka).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Studi kasus eksploratif digunakan untuk melacak peristiwa-peristiwa yang bersangkutan yang tidak dapat dimanipulasi dengan melakukan observasi dan wawancara secara mendalam. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif  Miles & Huberman. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah lady companion yang merupakan  pemandu karaoke untuk dianalisis mengenai konstruksi identitas diri mereka saat berada di lingkungan sosial yang berbeda-beda.  
Berdasarkan hasil penelitian, para informan yang merupakan lady companion melakukan manajemen kesan untuk tujuan-tujuan tertentu seperti untuk dapat diterima, terhindar dari masalah, atau dapat terlihat biasa seperti masyarakat pada umumnya. Lady companion  melakukan manajemen kesan bukan hanya berdasarkan lingkungan sosial yang sedang dihadapi tetapi juga orang-orang yang akan dihadapi, mereka bisa menampilkan 2 kesan berbeda di lingkungan yang sama tergantung kelompok orang yang sedang dihadapi. Hal inilah yang membuat manajemen kesan yang dilakukan oleh informan sebagian besar dan mencapai effect yang diharapkan.

Kata Kunci : Manajemen Kesan,  Lady Companion, Hubungan Interpersonal, Lingkungan Sosial

 

×
Penulis Utama : Fera Witri Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215022
Tahun : 2018
Judul : Peran Lady Companion Di Karaoke ( Studi Dramaturgi Peran Lady Companion di Insomnia Karaoke Colomadu, Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D1215022-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ignatius Agung Satyawan, SE, S.Ikom, M.Si, Ph.D,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.