Penulis Utama : Rokhmad Qudus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Persepsi pengaruh upah, tunjangan karyawan, kondisi tempat kerja dan interaksi sosial karyawan terhadap kepuasan kerja studi pada karyawan bagian produksi PT. Pabelan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299013-2003
Subyek : UPAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perubahan lingkungan eksternal maupun internal yang terjadi dewasa ini menuntut perusahaan untuk lebih fleksibel dalam merespon dan memanfaatkan peluang yang ditimbulkan oleh perubahan tersebut, sehingga organisasi dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya walaupun berada dalam situasi persaingan yang ketat. Dalam menghadapi perubahan lingkungan tersebut sumber daya manusia merupakan intangible asset yang menjadi keunggulan kompetitif perusahaan. Hal ini karena keberadaan manusia berbeda dengan faktor poduksi lainnya, karena manusia merupakan sumber daya yang menggerakkan dan mengarahkan organisasi. Manusia dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik apabila manusia terpenuhi kebutuhannya baik yang bersifat materi maupun non materi. Kebutuhan manusia tersebut diantaranya upah, tunjangan karyawan, kondisi tempat kerja dan interaksi sosial karyawan dimana keempat hal tersebut dapat mempengaruhi kepuasan kerja karyawan bagian produksi PT Pabelan Surakarta. Karyawan yang puas dengan pekerjaannya akan melaksanakan tugas yang menjadi kewajibannya dengan baik sehingga tujuan perusahaan juga dapat tercapai. Berdasarkan latar belakang tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah apakah faktor upah, tunjangan karyawan, kondisi tempat kerja dan interaksi sosial secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja dan diduga faktor upah mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan kerja.

Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi PT Pabelan Surakarta, yang berjumlah 67 karyawan. Populasi yang berjumlah kurang dari 100 sebaiknya diambil semua, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran dari karyawan dan analisis kuantitatif yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan product moment pearson sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik alpha cronbach. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa semua item pertanyaan valid dan reliabel. Persamaan regresi berganda yang diperoleh adalah Y = -27,037 + 1,135 X + 0,666 X + 0,284 X + 0,470 X . Persamaan tersebut menunjukkan bahwa faktor upah, tunjangan karyawan, kondisi tempat kerja, dan interaksi sosial berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa masing – masing variabel berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja. Dari keempat variabel tersebut upah mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan t hitung sebesar 8,042. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa keempat variabel secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan 77% dipengaruhi oleh upah, tunjangan karyawan, kondisi tempat kerja, dan interaksi sosial karyawan. Sedangkan 23% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Berdasarkan penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis pertama yang mengatakan bahwa faktor upah, tunjangan karyawan, kondisi tempat kerja dan interaksi sosial secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan terbukti. Hipotesis kedua yang mengatakan bahwa diduga faktor upah mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan kerja terbukti. Berdasarkan hasil analisis data tersebut perusahaan hendaknya memperhatikan upah, tunjangan kayawan, kondisi tempat kerja, dan interaksi sosial karyawan agar karyawan merasa puas dengan pekerjannya. Perusahaan hendaknya dapat memberikan tingkat upah yang layak yang disesuaikan dengan kebutuhan minimum karyawan dan diberikan tambahan bagi karyawan yang bekerja di luar jam kerja. Tunjangan yang diberikan perusahaan dapat ditingkatkan dengan mengadakan kegiatan rekreasi bagi karyawan dan memperhatikan jasa-jasa yang telah diberikan karyawan kepada perusahaan dalam memberikan tunjangan hari tua. Sedangkan kondisi kerja yang sudah baik dapat tetap dipertahankan dan ditingkatkan agar karyawan puas dengan pekerjaannya. Dari segi interaksi sosial perusahaan hendaknya lebih memperhatikan keluhan karyawan dan menjaga keharmonisan hubungan antara atasan dan bawahan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis