Penulis Utama : Dewi Nur Elviani
NIM / NIP : K8113019
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara pola asuh otoriter orang tua  dengan  kemampuan  sosialisasi  anak  TK  Kelompok  B  se-Gugus  V Kecamatan Wonosegoro, Boyolali.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Kelompok B se- Gugus V Kecamatan Wonosegoro, Boyolali yaitu 110 anak dan 110 orang tua. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling yaitu sebanyak 84 anak dan 84 orang tua. Penelitian ini menggunakan metode korelasi kuantitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data pola asuh otoriter orang tua dan kemampuan sosialisasi anak. Analisis data menggunakan uji korelasi pearson dengan bantuan program SPSS for Windows dengan taraf signifikansi 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara pola asuh otoriter orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai sebesar 0.000 < ? = 0.05 maka H1 diterima, artinya terdapat hubungan antara pola asuh otoriter orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak. Hubungan ini ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar -0.376 yang termasuk kategori rendah (0.20 – 0.399), artinya antara pola asuh otoriter orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak mempunyai hubungan negatif rendah.

Kata Kunci : pola asuh otoriter, kemampuasn sosialisai, anak taman kanak-kanak

 

×
Penulis Utama : Dewi Nur Elviani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113019
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter dengan Kemampuan Sosialisasi Anak TK Kelompok B Se-Gugus V Kecamatan Wonosegoro Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Anak Usia Dini-K8113019-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi, S.Sn., MA.
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi.,MA.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.