Penulis Utama : Hokkie Riffianata
NIM / NIP : F1116017
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional, Loan to Deposit Ratio (LDR), Nett Interest Margin (NIM) terhadap Return On Asset (ROA). Data yang digunakan adalah data sekunder dari Laporan Keuangan Tahun Perbankan selama periode 2001 - 2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu empat bank BUMN di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode panel data dengan metode analisis regresi linear berganda memalui tiga pendekatan yaitu Common  Effect Model, Fixed Effectmodel dan Random Effect Model.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model terbaik dalam penelitian ini yaitu dengan Fixed Effect Model . Berdasarkan uji-F, variabel BOPO, LDR, dan NIM secara simultan berpengaruh terhadap ROA. Kemudian hasil uji-T menunjukan bahwa variabel BOPO dan LDR  berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA bank BUMN. Sementara itu, NIM berpengaruh positif dan signifika terhadap ROA bank BUMN.
Memiliki keuntungan yang besar akan bredampak pada kinerja perbankan. Keuntungan dalam sektor perbankan dapat dilakukan dengan cara menjaga efisiensi pada biaya operasional yang dikeluarkan dan menjaga tingkat kemampuan likuiditas bank melalui manajemen kredit Disisi lain untuk meningkatkan perolehan bunga bersih bank.

Kata Kunci: ROA, BOPO, LDR, NIM

 

×
Penulis Utama : Hokkie Riffianata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1116017
Tahun : 2018
Judul : Analisis Pengaruh Bopo, Ldr, Nim terhadap Kinerja Bank Studi Kasus Bank Bumn di Indonesia Periode Tahun 2001 – 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Ekonomi Pembangunan - F1116017-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supriyono M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.