Penulis Utama : Kurnia Dewi Eka Putri
NIM / NIP : K3114030
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan perilaku agresif non verbal yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sragen, (2) mengetahui faktor-faktor penyebab siswa tersebut berperilaku agresif non verbal, (3) merumuskan alternatif pengatasan pada perilaku agresif non verbal tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Sragen. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah empat peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan pemeriksaan dokumen. Analisis data yang digunakan peneliti terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) wujud konkrit perilaku agresif non verbal adalah berkelahi dengan teman, memukul teman, mencubit teman, dan menjegal teman. (2) faktor penyebab perilaku agresif non verbal adalah pergaulan yang buruk (ikut-ikutan teman), terlalu dikekang orang tua, diejek teman, sulit mengendalikan diri, tidak ingin dianggap lemah, kurang perhatian orang tua, iseng, ingin mencari perhatian teman, dan ingin menunjukkan eksistensi diri. (3) alternatif pengatasannya adalah konseling individual, pemberian nasehat, memberikan pengertian pada orang tua subjek, bimbingan kelompok dengan sosiodrama, dan pembentukan kelompok belajar.


Kata Kunci: studi kasus, agresif non verbal, faktor penyebab, alternatif pengatasan

 

×
Penulis Utama : Kurnia Dewi Eka Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3114030
Tahun : 2018
Judul : Studi Tentang Perilaku Agresif Non Verbal, Faktor Penyebab, dan Alternatif Pengatasannya pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 3 Sragen Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Bimbingan Konseling-K3114030-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soeharto, M.Pd.,
2. Agus Tri Susilo, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.