Penulis Utama : Nindia Galuh Prismadani
NIM / NIP : F1116024
×

ABSTRAK

Pemerintah saat ini dituntut untuk mengentaskan kemiskinan dalam responsif gender, sehingga pemerintah Provinsi Jawa Timur membuat program Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan berupa bantuan modal usaha kepada Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) dengan kesejahteraan 1-5% terendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pendapatan KRTP sebelum dan sesudah mendapatkan bantaun PFK serta untuk mengetahui pengaruh bantuan modal usaha, pendampingan dan pelatihan, tingkat pendidikan dan pengalaman berwirausaha terhadap pendapatan KRTP di Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. Metode penelitian ini menggunakan data primer dari 46 responden KRTP penerima bantuan PFK di Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Metode analisis menggunakan analisis diskriptif, uji beda dua mean dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menggunakan uji beda dua mean menunjukkan terdapat perbedaan pendapatan KRTP sebelum dan setelah menerima bantuan PFK. Pendapatan KRTP setelah menerima bantuan PFK lebih besar dari pendapatan KRTP sebelum menerima bantuan PFK. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bantuan modal usaha dan pengalaman berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan KRTP, sedangkan pendampingan dan pelatihan serta tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap pendapatan KRTP.

Kata Kunci : Kemiskinan, Feminisasi, Pendapatan

 

×
Penulis Utama : Nindia Galuh Prismadani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1116024
Tahun : 2018
Judul : Analisis Program Bantuan Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) Terhadap Pendapatan Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) di Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. FEB. Jur. Ekonomi Pembangunan-F1116024-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Yunastiti Purwaningsih, M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.