Penulis Utama : Arif Budhi Suryanto
NIM / NIP : D0414008
×

ABSTRAK

 

Upaya pemerintah Indonesia dalam memberantas kasus illegal fishing yang marak terjadi di Indonesia melalui kebijakan penenggelaman kapal ikan asing menjadi bahasan utama dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dimana Penulis melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kerangka konseptual yang digunakan di dalam penelitian ini adalah konsep Illegal, Unreported and Unregulated (IUU) Fishing, konsep national interest, dan konsep national security.
Penelitian    ini    berhasil    menunjukkan    upaya    pemerintah
Indonesia dalam memberantas kasus illegal fishing di Indonesia yang ditempuh melalui kebijakan penenggelaman kapal ikan asing. Melalui kebijakan ini, pemerintah Indonesia berhak untuk menenggelamkan kapal ikan asing jika terbukti melakukan praktik illegal fishing di Indonesia. Aksi tegas pemerintah Indonesia dalam merespon kasus illegal fishing merupakan langkah awal untuk mewujudkan agenda Poros  Maritim  Dunia.  Seiring  diberlakukannya  kebijakan  ini  pada tahun 2014 hingga 2017, angka kasus illegal fishing pun mulai berkurang. Berkurangnya angka kasus illegal fishing kemudian membuat stok ikan mengalami peningkatan yang tidak pernah terjadi selama periode presiden sebelumnya dan berdampak positif terhadap peningkatan produksi perikanan tangkap laut.

 

Kata Kunci: Indonesia, Joko Widodo, penenggelaman kapal, illegal fishing

 

×
Penulis Utama : Arif Budhi Suryanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0414008
Tahun : 2018
Judul : Kebijakan Penenggelaman Kapal Ikan Asing sebagai upaya Memberantas Kasus Illegal Fishing di Indonesia Tahun 2014-2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Hubungan Internasional- D0414008-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Randhr Satria, S.lP, M.A
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.