Penulis Utama : Ayu Widaningsih
NIM / NIP : D0211016
×

ABSTRAK
Penggemar merupakan salah satu audiens yang aktif. Menyoroti tentang penggemar, penggemar boyband BTS menjadi sorotan utama selama satu tahun terakhir karena keberhasilan mereka membawa BTS semakin dikenal di kancah internasional melalui kemenangan BTS pada ajang penghargaan Billboard kategori Top Social Media Artist dan penghargaan bergengsi lainnya. Uniknya penghargaan-penghargaan tersebut diperoleh BTS karena vote dari penggemar yang dihitung melalui akumulasi aktivitas  konsumsi teks penggemar melalui jejaring sosial (seperti jumlah retweet unggahan pada  Twitter, jumlah viewer video musik di Youtube, dll).
Dengan adanya perkembangan teknologi dan budaya partisipatori, mempermudah penggemar untuk melakukan aktivitas konsumsi dan produksi teks pada media, sehubungan dengan usaha mereka untuk dekat dengan idolanya. Hal tersebut mendorong peneliti untuk mengetahui, bagaimana pola konsumsi teks media penggemar dalam Fandom ARMY. Lebih lanjut peneliti juga ingin memahami bagaimana penggemar melakukan aktivitas produksi teks budaya sebagai respon dari konsumsi teks yang dilakukan secara terus menerus.
Penelitian ini menggunakan konsep dan teori Konvergensi budaya dan partisipatori yang juga dicetuskan oleh Henry Jenkins, dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam (in-depth-interview) dan observasi. Adapun langkah-langkah analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa ARMY dalam fandom melakukan konsumsi teks berupa mengunduh lagu, menonton sajian drama, video musik dan reality show serta membeli barang-barang yang berhubungan dengan idolanya secara terus menerus karena kepuasan pribadi, ekspresi diri sebagai penggemar dan harapan diakui oleh idola. Selain itu di dalam fandom juga terjadi proses re-reading  yang menyebabkan penggemar kembali mengonsumsi teks secara berulang yang mendorong aktivitas berupa produksi ulang teks maupun produksi teks baru sebagai salah satu budaya penggemar.

 

Kata Kunci: Penggemar, Budaya Penggemar, Budaya Partisipatori, Konsumsi Teks, Produksi Teks.

 

×
Penulis Utama : Ayu Widaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0211016
Tahun : 2018
Judul : Analisis Deskriptif Konsumsi dan Produksi Teks Budaya dalam Fandom ARMY (Kajian Budaya Partisipatori Perilaku Penggemar Sebagai Audiens Media dalam Mengonsumsi dan Memproduksi Teks Budaya)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi - D0211016-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Monika Sri Yuliarti, S.Sos., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.