Penulis Utama : Fhatimatuz Zehroil Batul
NIM / NIP : D0114054
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas kebijakan dana desa dalam meningkatkan pembangunan di Desa Tegalrejo Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan teori Matland untuk mengetahui efektivitas dana desa, yaitu tepat kebijakan, tepat pelaksanaan, tepat target, tepat lingkungan serta tepat proses.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Dinas  Pemberdayaan  Masyarakat  dan  Desa  Kabupaten  Sragen  serta  Desa Tegalrejo Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen secara khususnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, mengkaji dokumen dan arsip, serta observasi. Validitas  data  menggunakan  triangulasi  sumber.  Teknik  analisis  data menggunakan model analisis interaktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, efektivitas kebijakan dana desa di Desa Tegalrejo dinilai tepat. Dari “lima tepat” menurut Matland, diperoleh hasil bahwa; Tepat Kebijkan, dengan adanya kebijakan dana desa masyarakat Tegalrejo telah menerima dan menikmati manfaatnya. Yakni akses masyarakat Tegalrejo dalam sehari-hari lebih mudah. Tepat Pelaksanaan, bahwa pemerintah desa Tegalrejo telah melakukan kerjasama yang baik dengan masyarakat, pemerintah kota/kabupaten Sragen dan pihak swasta. Tepat Target, bahwa pembangunan yang dilakukan telah sesuai dengan target di APBDes. Tepat Lingkungan, koordinasi yang dilakukan pemerintah desa Tegalrejo dengan masyarakat dan pemerintah kota/kabupaten Sragen telah baik. Serta di lingkungan eksternal  kebijakan  media  massa  telah  memberikan  infomasi  terkait pembangunan-pembangunan di Desa Tegalrejo. Sedangkan di Tepat Proses, Pemerintah kabupaten/kota, kecamatan hingga desa sudah memahami maksud dan tujuan kebijakan Dana Desa. Kebijakan Dana Desa ini diterima dan dilaksanakan sesuai dengan tujuan dari kebijakan dana desa.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Dana Desa, Pembangunan

 

×
Penulis Utama : Fhatimatuz Zehroil Batul
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0114054
Tahun : 2018
Judul : Efektivitas Kebijakan Dana Desa dalam Meningkatkan Pembangunan di Desa Tegalrejo Kecamatan Gondang Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Administrasi Negara - D0114054-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Didik G.Suharto, S.Sos.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.