Penulis Utama : Prasastia Afrisa Ayu Sari
NIM / NIP : D0214075
×


ABSTRAK


Komunitas Temon Holic Soloraya merupakan komunitas yang beranggotakan para pemuda dan pemudi yang mempunyai minat dan ketertarikan yang sama pada joget breakdance dangdut koplo. Penggunaan media sosial Instagram yang marak pada masyarakat Indonesia saat ini juga diikuti oleh beberapa anggota Temon Holic Soloraya untuk eksis melalui aplikasi tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana anggota-anggota Temon Holic Soloraya yang aktif menggunakan Instagram membentuk identitas mereka secara online. Penelitian ini dikaji dengan Teori Presentasi Diri, dimana terdapat beberapa strategi untuk membentuk identitas melalui media sosial.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih empat anggota komunitas Temon Holic Soloraya yang aktif menggunakan Instagram, yakni aktif mengunggah foto-foto maupun video- video yang  berkaitan  dengan  diri  mereka  sebagai  anggota  Temon  Holic  Soloraya. Teknik pengumpulan data  menggunakan wawancara dan dokumentasi  melalui Instagram. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis penjodohan pola, yaitu upaya membandingkan pola yang terjadi secara empirik dari hasil penelitian dengan pola yang diprediksikan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar dari anggota Temon Holic Soloraya menempuh strategi- strategi yaitu Ingratiation, Self- Promotion,   Exemplification   dan   Intimidation   untuk   menunjukkan   identitas mereka melalui Instagram.


Kata Kunci: Temon Holic Soloraya, Identitas Online, Presentasi Diri, Instagram

 

×
Penulis Utama : Prasastia Afrisa Ayu Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214075
Tahun : 2018
Judul : Media Baru dan Identitas Kelompok (Studi Kasus Pembentukan Identitas Secara Online Anggota Komunitas Temon Holic Soloraya Melalui Instagram Bulan Januari- Februari 2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi -D0214075-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.