Penulis Utama : Tamimi Syahputri
NIM / NIP : D0213094
×

ABSTRAK
     Kegiatan menonton televisi telah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari masyarakat Indonesia, tidak peduli di desa maupun kota, kalangan menengah atas dan bawah, tua dan muda, seolah mereka sudah memiliki acara favorit sesuai dengan kondisi sosial dan budaya mereka. Tingkat konsumsi media (televisi), individu dipengaruhi oleh motif yang melekat dalam diri individu. Latar belakang sosial seseorang juga bisa menjadi salah satu penyebab berbedanya kebutuhan informasi (hiburan) dengan yang lainnya, seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, status sosial, dan sebagainya.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui adanya hubungan antara latar belakang sosial dengan motivasi menonton televisi, 2) untuk mengetahui adanya hubungan antara motivasi menonton dengan pola menonton televisi dikalangan masyarakat perkotaan. 3) untuk mengetahui adanya hubungan antara latar belakang sosial dengan pola menonton televisi dikalangan masyarakat perkotaan. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi Penelitian ini adalah kawasan komplek perumahan Srondol Bumi Indah Semarang. Adapun sampel dari penelitian ini berjumlah 90 responden dengan populasi keseluruhan 892 orang. Responden dipilih dengan menggunakan metode Sampling Insidental. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrument untuk mengambil data. Analisis data menggunakan Spearman’s Rank dan Crosstab dengan analisis Chi-Square.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara latar belakang sosial dengan motivasi menonton ditemukan variabel yang memunyai hubungan yang signifikan yaitu variabel pendapatan dengan motivasi diversi. Dalam hubungan antara motivasi menonton dengan pola menonton ditemukan variabel yang mempunyai hubungan yang signifikan, yaitu motivasi kognitif dengan acara favorit berita, dan motivasi diversi dengan waktu menonton di sore hari dan acara favorit gameshow. Dalam hubungan antara latar belakang sosial dengan pola menonton ditemukan semua variabelnya memiliki hubungan yang signifikan dengan pola menonton, diantaranya variabel usia dengan waktu menonton di malam hari, durasi menonton, dan acara favorit berita; variabel pendapatan dengan acara favorit berita; variabel pendidikan dengan frekuensi menonton; variabel jenis kelamin dengan waktu menonton di pagi hari, intensitas menonton, dan acara favorit gameshow; variabel pekerjaan dengan waktu menonton di pagi hari dan intensitas menonton.

Kata Kunci: Uses and Gratification, Latar Belakang Sosial, Motivasi, Pola Menonton, Masyarakat Perkotaan.

 

×
Penulis Utama : Tamimi Syahputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213094
Tahun : 2018
Judul : Televisi dan Masyarakat Perkotaan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D0213094-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Pawito., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.