Penulis Utama : Tubagus Mohammad Irma Ari Irawan
NIM / NIP : K3114050
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Prototipe-2 Permainan Simulasi Dakon untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Karier bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan permainan simulasi Dakon ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada model penelitian Borg and Gall (1983).  
Prosedur  yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan sampai tahap uji validitas ahli dan revisi produk, sedangkan untuk uji kepraktisan dan uji keefektifan direkomendasikan untuk dilakukan bagi peneliti selanjutnya. Kegiatan pengumpulan data dilakukan melalui pendekatan studi literatur dan memberikan angket uji validitas kepada subjek uji ahli yang terdiri dari ahli media BK dan ahli desain. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil angket kebutuhan peserta didik yaitu dengan menggunakan analisis statistic deskriptif. Sedangkan untuk mengolah hasil uji validitas ahli peneliti menggunakan analisis inter-rater agreement model.  
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) menghasilkan prototipe-2 Permainan Simulasi Dakon untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Karier bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA) dan (2) berdasarkan hasil analisi uji validitas ahli yang dilakukan oleh ahli media BK dan ahli desain menunjukkan bahwa indeks hasil uji ahli media BK sebesar 0,63 (tinggi) dan indeks hasil uji ahli desain sebesar 0,87 (sangat tinggi). Berdasarkan hasil validasi produk  yang telah dilakukan oleh ahli media BK dan ahli desain dapat disimpulkan bahwa prototipe yang telah dikembangkan sudah sesuai yang diharapkan. Sehingga pengembangan prototipe-2 permainan simulasi Dakon untuk meningkatkan keterampilan merencanakan karier layak untuk digunakan dalam menunjang pemberian layanan BK di sekolah SMA.  

 
Kata Kunci : Perencanaan Karier, Permainan Simulasi, Dakon

 

×
Penulis Utama : Tubagus Mohammad Irma Ari Irawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3114050
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Permainan Simulasi Dakon untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Karier bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (Sma)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Bimbingan Konseling-K3114050-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Wagimin, M.Pd.,
2. Agus Tri Susilo, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.