Penulis Utama : Yoel Daya Prathama
NIM / NIP : D1216073
×

ABSTRAK

Dalam konsep bisnis online, kualitas pelayanan dikenal dengan istilah e-service quality. E-service quality merupakan kualitas pelayanan yang ada dalam  sebuah web. Sama dengan kualitas pelayanan tradisional, e-service quality merupakan unsur yang penting sebagai faktor dalam menarik minat beli konsumen. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari e-service quality (usability, information quality, and service interaction quality) terhadap minat beli di kalangan Mahasiswa FISIP Ilmu Komunikasi Transfer 2016 – 2017.
Penelitian ini menggunakan Teori Stimulus Organism Response, merupakan teori yang menjelaskan suatu proses komunikasi yang dimulai dari adanya stimulus berupa pesan yang diterima oleh komunikan.  Teori Stimulus Organism Response merupakan teori yang menjelaskan proses komunikasi yang dimulai dari stimulus berupa pesan yang diterima komunikan. Stimulus atau pesan yang disampaikan kepada komunikan dapat diterima atau ditolak. Komunikasi akan berlangsung jika ada perhatian dari komunikan.
Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik simple random sampling  dari mahasiswa/i dengan karakteristik: mahasiswa ilmu komunikasi ilmu transfer angkatan 2016 – 2017 dan menggunakan media online Tokopedia untuk transaksi.
Hasilnya menunjukkan bahwa Kemudahan Akses (usabilty) dan kualitas interaksi layanan dalam online media Tokopedia telah berdampak pada minat beli pada Mahasiswa FISIP Ilmu Komunikasi Transfer 2016 – 2017. Sebaliknya, variable kualitas informasi  tidak cukup terbukti memiliki dampak pada minat beli.

Kata Kunci : E-Service, Usability, Information Quality, Service Interaction, Minat Beli,  Tokopedia.

 

×
Penulis Utama : Yoel Daya Prathama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1216073
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh E-Service Quality pada Media Online Terhadap Minat Beli di Kalangan Mahasiswa (Pengaruh Kemudahan Akses, Kualitas Informasi, serta Kualitas Layanan Interaksi Media Online Tokopedia Terhadap Minat Beli di Kalangan Mahasiswa FISIP Ilmu Komunikasi Transfer Angkatan 2016-2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D1216073-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos.,Ph.D,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.