Penulis Utama : Fitria Cahyaningrum
NIM / NIP : S841608011
×

Abstrak

Kesantunan berbahasa penting untuk menumbuhkan komunikasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) perbedaan kesantunan berbahasa siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) desa dan kota; 2) perbedaan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa di Sekolah Menengah Atas (SMA) desa dan kota; dan 3) relevansi kesantunan berbahasa siswa dengan pembelajaran menulis teks negosiasi di Sekolah Menengah Atas.
Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik.   Strategi penelitian menggunakan studi kasus. Data berupa tuturan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Sumber data penelitian ini ialah tempat, peristiwa, dan informan. Tempat berupa kelas X, XI, dan XII pada pembelajaran bahasa Indonesia di dua sekolah; peritiwa berupa interaksi antarsiswa atau antara siswa dengan guru. Informan berupa guru Bahasa Indonesia dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui teknik perekaman dengan metode simak bebas libat cakap (SBLC). Teknik validitas data dengan triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan model interaktif berupa pengumpulan data, reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil  penelitian  disimpulkan  bahwa:  1)  berdasarkan  skala  kesantunan,
tuturan siswa di SMA Negeri 1 Surakarta lebih santun dibandingkan SMA Negeri Gondangrejo. SMA Negeri 1 Surakarta termasuk sekolah di kota sedangkan SMA Negeri Gondangrejo  merupakan  sekolah  di desa.  Tuturan  siswa  SMA Negeri Gondangrejo  cenderung  melanggar skala ketidaklangsungan sedangkan tuturan siswa SMA Negeri 1 Surakarta memenuhi skala kerugian dan keuntungan.  2) Tuturan siswa kedua sekolah tersebut mematuhi maksim kebijaksanaan. Tuturan yang paling sedikit dipatuhi siswa SMA Negeri Gondangrejo ialah maksim penghargaan sedangkan tuturan siswa SMA Negeri 1 Surakarta sedikit mematuhi maksim penghargaan dan maksim permufakatan. 3) Tuturan siswa dapat dijadikan sebagai materi untuk siswa kelas X dengan Kompetensi Dasar 4.10 “Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.” Hasil penelitian menjadi contoh bagi guru serta dapat disimulasikan siswa dalam pembelajaran teks negosiasi.

Kata Kunci : Skala kesantunan, prinsip kesantunan, pembelajaran menulis teks negosiasi

×
Penulis Utama : Fitria Cahyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841608011
Tahun : 2018
Judul : Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Interaksi Kelas pada Sekolah Menengah Atas Desa dan Kota serta Relevansinya dengan Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S841608011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd
2. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.