Penulis Utama : Ade Fitri Handayani
NIM / NIP : R0214003
×

ABSTRAK


Ade Fitri Handayani, R0214003, 2018. Hubungan Paparan Gas Karbon Monoksida dengan Tekanan Darah Pekerja di Workshop Bagian Mekanik dan Karoseri PT Rosalia Indah Transport Karanganyar, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang : Karbon monoksida di udara yang terhirup masuk kedalam tubuh dapat berikatan dengan Hemoglobin (Hb), kemudian akan membentuk karboksihemoglobin (COHb) dalam darah. Kadar COHb dalam darah yang tinggi dapat meningkatkan kekentalan darah, mempengaruhi sirkulasi dan tekanan darah. Hasil survei awal menunjukkan kadar gas CO tertinggi di workshop PT Rosalia Indah Transport Karanganyar adalah 19 ppm. Sebanyak 13 dari 22 responden survei awal memiliki tekanan darah sistolik ≥120 mmHg dan tekanan darah diastolik ≥70 mmHg. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan paparan gas karbon monoksida dengan tekanan darah pekerja di workshop bagian mekanik dan karoseri PT Rosalia Indah Transport Karanganyar.

Metode : Jenis Penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional dan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah tenaga kerja yang bekerja di workshop bagian mekanik dan karoseri PT Rosalia Indah Transport Karanganyar yang berjumlah 45 orang. Pengukuran kadar gas karbon monoksida dilakukan dengan menggunakan alat CO Meter digital, sedangkan tekanan darah menggunakan Sphygnomanometer. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Korelasi Spearman Rank dengan aplikasi SPSS versi 23.

Hasil : Hasil pengukuran kadar gas karbon monoksida menunjukkan rata-rata 15,38 ppm masih termasuk dibawah NAB gas karbon monoksida (25,32 ppm). Rata-rata tekanan darah sistolik 117,56 mmHg dan tekanan darah diastolik 78 mmHg termasuk kategori normal. Hasil uji Korelasi Spearman Rank menunjukkan bahwa tidak ada hubungan signifikan CO dengan tekanan darah sistolik dengan nilai p = 0,642 dengan korelasi r = -0,071 dan tekanan darah diastolik dengan nilai p = 0,300 dengan korelasi r = -0,158.

Simpulan : Tidak terdapat hubungan antara paparan gas CO dengan tekanan darah.
Kata Kunci : Karbon Monoksida (CO), Tekanan Darah

×
Penulis Utama : Ade Fitri Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214003
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Paparan Gas Karbon Monoksida Dengan Tekanan Darah Pekerja Di Workshop Bagian Mekanik Dan Karoseri Pt Rosalia Indah Transport Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Keselamatan Kerja-R0214003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tyas Lilia Wardani, S.ST., M.KKK
2. Dra.Sri Haryati, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.