Penulis Utama : Dwi Cahyono Adi
NIM / NIP : K6412020
×

ABSTRAK


Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan peran Komando Distrik Militer 0735 Surakarta dalam mencegah berkembangnya gerakan radikal di Kota Surakarta. 2) menjelaskan faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi program penguatan Ideologi Pancasila oleh Komando Distrik Militer 0735 Surakarta.
3) mengetahui pentingnya penerapan Ideologi Pancasila pada masyarakat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data didapatkan dari informan, dokumen tempat, dan peristiwa yang terjadi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Komando Distrik Militer 0735 Surakarta sebagai perpanjangan tangan TNI AD  di daerah bertugas menjalankan   pembinaan   teritorial   untuk   menangulangi   radikalisme.   2)   Peran Komando Distrik Militer 0735 Surakarta dalam   menguatkan Ideologi Pancasila dilakukan melalui program Pembinaan Teritorial antara lain  yaitu a) Komunikasi Sosial; b) Bhakti TNI; 3) Faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi Penguatan Ideologi Pancasila sebagai upaya deradikalisasi pada masyarakat oleh Kodim 0735 Surakarta adalah sebagai berikut: a) Faktor pendukung (1) Sarana dan prasarana yang memadai; (2) Dana operasional yang mencukupi untuk kegiatan; b) Faktor penghambat (1) Jumlah dan kualitas SDM yang tidak memadai; (2) Penggunaan metode yang kurang tepat.

Kata kunci: Ideologi Pancasila, deradikalisasi, masyarakat

 

×
Penulis Utama : Dwi Cahyono Adi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412020
Tahun : 2018
Judul : Penguatan Ideologi Pancasila sebagai Upaya Deradikalisasi pada Masyarakat ( Studi Peran Komando Distrik Militer 0735 Surakarta )
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan- K6412020-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wijianto, S.Pd.,M.Sc.
2. Dr. Dewi Gunawati, S.H, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.