Penulis Utama : Intan Kurniawati
NIM / NIP : K7514032
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kondisi tata ruang pada Kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten, 2) Hambatan-hambatan yang timbul pada penataan ruang kantor pada Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten, 3) Upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam penataan ruang kantor pada Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, dengan sumber data yang diperoleh yaitu dari narasumber atau informan, dokumen, dan arsip. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik bola salju (snowball sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Teknik uji validitas menggunakan triangulasi data atau sumber, dan triangulasi metode atau teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten ini memiliki luas ruang kantor yang tidak sesuai dengan jumlah pegawai dan jumlah perabotan kantor. Selain itu untuk penataan perabotan kantor belum memperhatikan asas-asas tata ruang kantor seperti asas terpendek dan asas mengenai rangkaian kerja. Sirkulasi udara dalam dinas ini juga belum diperhatikan. Dalam dinas ini sudah memperhatikan penggunaan pencahayaan  yang baik,  warna ruangan,  dan  pengelolaan  suara  yang baik. 2) Hambatan  dalam  dinas  ini  yaitu  keterbatasan  luas ruangan,  tidak  adanya  alat pendingin atau penyejuk ruangan, dan pegawai yang kurang memahami tata ruang kantor. 3) Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam dinas ini yaitu pengajuan permohonan gedung baru, pengajuan pengadaan alat pengatur suhu ruangan, dan penataan ruangan berdasarkan kemampuan dan pengalaman dari pegawai.


Kata kunci: Tata Ruang Kantor, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan
Olahraga

 

×
Penulis Utama : Intan Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7514032
Tahun : 2018
Judul : Analisis Tata Ruang Kantor di Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pend. Adminitrasi Perkantoran- K7514032-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si.
2. Tutik Susilowati, S.Sos, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.