Penulis Utama : Isroah
NIM / NIP : K6414033
×

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui relevansi materi ancaman terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika ditinjau dari kesesuaian KI, KD, dan Indikator Kurikulum 2013, 2) mengetahui desain bahan ajar materi ancaman terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika guna mendukung pencapaian kompetensi siswa, 3) mengetahui kesulitan yang dialami guru PPKn dalam mengembangkan materi pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dilakukan dengan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan analisis model interaktif.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Relevansi materi ancaman terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika ditinjau dari kesesuaian KI, KD, dan Indikator belum sepenuhnya sesuai. (2) Desain bahan ajar materi ancaman terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika guna mendukung pencapaian kompetensi siswa yang dikembangkan guru belum sepenuhnya baik. (3) Kesulitan yang dialami guru PPKn dalam mengembangkan materi pembelajaran diantaranya yaitu kerumitan penyesuaian alokasi waktu dengan banyaknya konsep materi ajar yang perlu dipahami peserta didik, kerumitan penyusunan materi ajar yang sesuai dengan struktur keilmuan, penyesuaian materi ajar terhadap karakter peserta didik yang berbeda-beda.

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Pengembangan Materi, Desain Bahan Ajar.

 

×
Penulis Utama : Isroah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6414033
Tahun : 2018
Judul : Studi Relevansi Materi Ancaman terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Dengan Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas Batik 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pend. Pancasila dan Kewarganegara- K6414033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Hendri Nuryadi, S.Pd., M.Sc.
2. Wjianto, S.Pd., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.