Penulis Utama : Mitachurin Maulina
NIM / NIP : K1313047
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat menyelesaikan masalah matematika bentuk soal cerita menurut analisis kesalahan Newman oleh siswa dengan inteligensi kategori normal; (2) mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat menyelesaikan masalah matematika bentuk soal cerita menurut analisis kesalahan Newman oleh siswa dengan inteligensi pandai; dan (3) mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat menyelesaikan masalah matematika bentuk soal cerita menurut analisis kesalahan Newman oleh siswa dengan inteligensi superior.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.  Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Gemolong. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Uji validitas data pada penelitian ini dilakukan dengan triangulasi waktu. Pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. (1) Siswa dengan inteligensi normal melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban dalam menyelesaikan masalah matematika bentuk cerita berdasarkan analisis Newman. (2) Siswa dengan inteligensi pandai melakukan kesalahan penulisan jawaban dalam menyelesaikan masalah matematika bentuk cerita berdasarkan analisis Newman. (3) Siswa dengan inteligensi superior melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban dalam menyelesaikan masalah matematika bentuk cerita.

KATA KUNCI : Analisis kesalahan Newman, masalah matematika, soal cerita, inteligensi.

 

×
Penulis Utama : Mitachurin Maulina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1313047
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kesalahan Penyelesaian Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita dengan Analisis Newman ditinjau dari Inteligensi Siswa SMP Negeri 1 Gemolong Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pend. Matematika - K1313047-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
2. Yemi Kuswardi, S.Si., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.