Penulis Utama : Mualim Alif Rasito
NIM / NIP : K5612051
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar dribble  sepakbola  menggunakan  model  pembelajaran  ASSURE  Pada  Siswa kelas XI AK 2 SMKN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016 / 2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Subjek  penelitian  adalah  siswa kelas  XI AK 2 SMKN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016 / 2017 semester  II Tahun  Pelajaran  2016/2017, sebanyak 35 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan  dalam  PTK  ini adalah   teknis  tes  dan   observasi,  pengambilan   data melalui tes sebelum dan sesudah diadakan tindakan menggunakan model pembelajaran ASSURE   pada materi  gerak  dasar  dribble  sepakbola.  Observasi  dilakukan untuk    mengamati perubahan   perilaku   siswa  pada  setiap   siklus.   Validitas  data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan  teknik analisis diskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
Hasil   analisis   menunjukkan   bahwa   dengan   menggunakan   model
pembelajaran  Desain  ASSURE  dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar dribble   sepakbola pada siswa kelas XI AK 2 SMKN 1 Karanganyar dari pratindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Hasil analisis yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut: pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 68,57% atau 24 siswa sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar mancapai 85,71% atau 30 s i s w a dari jumlah seluruh siswa yaitu 35 siswa. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 76,34 pada siklus I meningkat menjadi  79,14  pada  siklus  II. Nilai pada kondisi akhir meningkat dan melebihi target minimal yang diharapkan yaitu minimal 80% siswa dalam satu kelas dapat tuntas belajar.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Penggunaan pembelajaran desain ASSURE dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar dribble   sepakbola pada siswa kelas XI AK 2 SMKN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata kunci : dribble sepakbola, model pembelajaran ASSURE

 

×
Penulis Utama : Mualim Alif Rasito
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5612051
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Dribble Sepak Bola Menggunakan Pembelajaran Desain Assure Pada Siswa Kelas XI AK 2 SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pend. Pelatihan Olahraga - K5612051-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Fadhilah Umar, S.Pd,M.Or.
2. Haris Nugroho, S.Pd,M.Or.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.