Penulis Utama : Nike Putri Widiani
NIM / NIP : K1311057
×

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran NHT yang dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Mojolaban dan mengetahui peningkatan minat belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran NHT.
Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan pembelajaran, data minat belajar siswa dan data kemampuan pemahaman konsep matematika. Untuk mengumpulkan data keterlaksanaan pembelajaran dan minat belajar siswa menggunakan metode observasi, sedangkan untuk data kemampuan pemahaman konsep dengan metode tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya70?ri jumlah total siswa mencapai kategori minat belajar tinggi dalam pembelajaran matematika dan setidaknya 70?ri jumlah total siswa mencapai skor kemampuan pemahaman konsep lebih dari atau sama dengan 3 dengan skor maksimal adalah 4.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tahapan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tipe NHT di kelas VIII A SMP Negeri 2 Mojolaban yang dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah sebagai berikut. a). Penomoran (Numbering). Dalam fase ini guru membagi para siswa menjadi beberapa kelompok atau tim yang beranggotakan 3 hingga 5 siswa dan memberi nomor sehingga tiap siswa dalam tim diberi nomor. b). Pengajuan Pertanyaan (Questioning). Dalam fase ini guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada para siswa. Pertanyaan dapat bervariasi. Pertanyaan dapat amat spesifik dan dalam bentuk kalimat tanya. c). Berpikir Bersama (Head Together). Dalam fase ini para siswa berfikir bersama teman satu timnya untuk menyatukan pendapatnya terhadap jawaban pertanyaan dan meyakinkan tiap anggota dalam tim mengetahui jawaban tim. d). Menjawab (Answering). Dalam fase ini guru menyebutkan satu nomor dan para siswa dari tiap kelompok dengan nomor sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban untuk seluruh kelas melaporkan dan kelompok lain menanggapinya dan dilanjutkan dengan menyimpulkan pelajaran. e). Penghargaan Kelompok. Dalam fase ini guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berhasil mempresentasikan hasil diskusi LKS dengan baik. Guru juga memberikan penghargaan kepada kelompok belajar berdasarkan tes kuis individu.
Berdasarkan pembelajaran dengan model pembelajaran NHT persentase Minat Belajar siswa kategori tinggi mengalami peningkatan dari 31,2% pada prasiklus menjadi 56,24% pada siklus I dan menjadi 71,88% pada siklus II. Untuk kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh skor lebih dari atau sama dengan 3 mengalami peningkatan dari 28,13% pada prasiklus menjadi 46,87% pada siklus I dan menjadi 71,87% pada siklus II.

Kata Kunci : NHT, Minat Belajar, kemampuan pemahaman konsep matematika

 

×
Penulis Utama : Nike Putri Widiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1311057
Tahun : 2018
Judul : Upaya Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Pada Siswa Kelas Viii A SMP N 2 Mojolaban Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pend. Matematika -K1311057-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.
2. Dyah Ratri Aryuna, S.Pd, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.