Penulis Utama : Putri Pramitha Wisnu Wardhani
NIM / NIP : K2214040
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu jawaban dari rumusan masalah, 1) Bagaimana persepsi mahasiswa semester empat di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Sebelas Maret pada tahun akademik 2017-2018 tentang tugas merangkum pada mata kuliah Academic Writing dan 2) Apa dampak persepsi tersebut terhadap pencapaian mahasiswa pada mata kuliah Academic Writing 4.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif studi kasus. Subjek penelitian ini adalah seorang dosen dan lima belas mahasiswa semester empat yang tergabung dalam mata kuliah Academic Writing 4 di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Sebelas Maret. Data penelitian dikumpulkan dari kuesioner, observasi di dalam kelas, wawancara dengan dosen dan enam mahasiswa.
Berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner, munculah jawaban dari kedua rumusan masalah: 1) persepsi mahasiswa dalam melakukan tugas merangkum: sulit, membosankan, menantang, menarik, dan bermanfaat. Tugas itu sulit bagi beberapa mahasiswa dalam aspek pencarian jurnal, paraphrasing, dan penentuan topik. Mahasiswa menganggap itu membosankan karena tidak adanya variasi dalam tugas tersebut. Menantang dalam tugas tersebut berhubungan dengan pengalaman baru bagi para mahasiswa. Menarik dan Bermanfaat berhubungan dengan pengembangan skill berbahasa Inggris mahasiswa dan skripsi mereka kelak, dan 2) persepsi-persepsi tersebut membawa beberapa dampak pada: Konten dalam rangkuman, fitur kebahasaan yang digunakan dalam rangkuman, jumlah kata dalam rangkuman, desain blog, ketepatan dalam mengumpulkan tugas dan nilai mahasiswa dalam mata kuliah academic writing 4. Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi dapat membawa seseorang ke suatu perilaku atau sikap yang dapat berupa positif ataupun negatif.


Keywords: persepsi siswa, tugas merangkum, karya tulis akademis, studi kasus deskriptif

 

×
Penulis Utama : Putri Pramitha Wisnu Wardhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2214040
Tahun : 2018
Judul : Students’ Perceptions Toward Summarizing Tasks and Its Impacts To The Students’ Achievements In The Academic Writing Subject
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pend. Bahasa Inggris - K2214040-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Dewi Rochsantiningsih,M.Ed.,Ph.D
2. Hasan Zannuri, S.Pd.,M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.