Penulis Utama : Anugrah Restu Aji
NIM / NIP : D0312012
×

Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui alasan masyarakat tertarik berbelanja di ritel modern dibandingkan dengan berbelanja di ritel tradisional di Desa Sruwen. Mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab ritel tradisional sulit bersaing dengan ritel modern berjaringan di Desa Sruwen. Mengetahui dampak keberadaan ritel modern berjaringan di Desa Sruwen terhadap eksistensi ritel tradisional di Desa Sruwen. Mengetahui dampak sosial ekonomi yang di timbulkan dari keberadaan ritel modern berjaringan terhadap ritel tradisional di Desa  Sruwen.Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  deskriptif  dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian pemilik toko kelontong dan konsumennya di desa Sruwen.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan a) Ritel modern berjaringan hadir dengan ruangan ber AC Kenyamanan yang ditawarkan oleh ritel modern berjaringan adalah hawa sejuk di dalam arena berbelanja ternyata cukup menjadi suatu daya tarik kepada masyarakat.b) Ritel modern berjaringan mempunyai rak pajangan yang bersih dan rapi Setiap rak pajangan di ritel modern berjaringan selalu terawat bersih. c). Tempat berbelanja yang bersih dan terhindar dari debu, Ritel modern berjaringan menawarkan tempat berbelanja yang bersih. d) Ritel modern berjaringan mempunyai pencahayaan yang terang, suasana berbelanja di ritel modern berjaringan selalu cerah baik siang maupun malam. e) Konsumen dapat mengambil dan memilih barangnya sendiri, salah satu perbedaan jelas antara toko kelontong dan ritel modern berjaringan adalah pada proses berbelanja. f) Konsumen mendapatkan   kepastian harga di ritel modern berjaringan, toko kelontong dikelola dengan cara tradisional dan hal ini sering mengakibatkan penjual lupa dengan harga barang yang akan dijual dan menyebabkan harga jual barang terkadang berubah-ubah. g) Ritel modern berjaringan sering menawarkan promo khusus, ritel modern berjaringan dikelola secara profesional dan mereka memiliki tim marketing untuk menarik perhatian konsumen. h) Ritel modern berjaringan terletak pada wilayah strategis, hampir setiap lokasi di mana ritel modern berjaringan berada, lokasi tersebut merupakan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen. i) Adanya kemudahan dan kenyamanan tempat parker, jika diperhatikan setiap ritel modern berjaringan menyediakan  tempat  parkir  yang nyaman kepada konsumen.    Dampak  Sosial Ekonomi  Kehadiran  ritel  Modern antar lain adalah: Penurunan omset penjualan, Turunnya jumlah pedagang di desa Sruwen, Persaingan pedagang, Sulitnya mendapat pasokan dari supplier. Dapat disimpulkan bahwa konsumen lebih memilih ritel modern berjaringan  adalah  karena  alasan,  menawarkan  sangat banyak kenyamanan yang tidak didapatkan ketika berbelanja di toko kelontong tradisional alias warung.

×
Penulis Utama : Anugrah Restu Aji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0312012
Tahun : 2018
Judul : Dampak Sosial Ekonomi Keberadaan Ritel Modern Berjaringan Terhadap Pedagang Ritel Tradisional di Desa Sruwen Kecamatan Tengaran
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D0312012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Santosa, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.