Penulis Utama : Annisa Amri
NIM / NIP : C0213008
×

ABSTRAK

Permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah (1) bagaimana bentuk tindak tutur direktif dalam acara talk show Sarah Sechan di NET TV, (2) bagaimana bentuk tindak tutur ekspresif dalam acara talk show Sarah Sechan di NET TV, dan (3) bagaimankah implikatur dalam acara talk show Sarah Sechan di NET TV.  
Tujuan penulisan ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif dalam acara talk show Sarah Sechan di NET TV, (2) mendeskripsikan bentuk tindak tutur ekspresif dalam acara talk show Sarah Sechan di NET TV, dan (3) mendeskripsikan implikatur dalam acara talk show Sarah Sechan di NET TV.  
Metode dalam penulisan ini adalah penelitan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan-tuturan yang mengandung jenis tindak tutur direktif, ekspresif, dan implikatur dalam acara TSSS di NET TV. Sumber data dalam penelitian ini adalah percakapan yang terdapat dalam acara TSSS di NET TV yang ditayangkan pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2016. Teknik pengumpulan data ini adalah teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik heuristik. Teknik penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini adalah penyajian informal yaitu, dengan menjelaskan hasil analisis data dengan menggunakan  kata-kata biasa untuk menafsirkannya. Dari analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal: 1. a) Bentuk tindak tutur direktif dalam acara talk show Sarah Sechan di NET TV ialah tindak tutur direktif mempersilakan, mengajak, mengundang, meminta, memohon, menyuruh, menyarankan, dan memaksa. Adapun tindak tutur yang paling banyak ditemukan dalam acara talk show Sarah Sechan di NET TV ini adalah tindak tutur direktif ‘mengundang’. b) Bentuk tindak tutur ekspresif dalam acara talk show Sarah Sechan di NET TV ialah memuji, mengucapkan terima kasih, mengungkapkan rasa heran, meminta maaf, mengungkapkan rasa kaget, mengungkapkan rasa takut, mengungkapkan rasa kecewa, dan menyalahkan. Adapun tindak tutur ekpresif yang paling banyak ditemukan dalam acara talk show Sarah Sechan di NET TV ini adalah tindak tutur ekspresif ‘mengucapkan terima kasih’. 2. Implikatur dalam acara talk show Sarah Sechan di NET TV ialah implikatur rasa ingin tahu, implikatur memperingatkan, implikatur tawaran, implikatur menyatakan menolak, implikatur menyombongkan diri, dan implikatur mengalihkan.

 

×
Penulis Utama : Annisa Amri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0213008
Tahun : 2018
Judul : Tindak Tutur Direktif dan Ekspresif dalam Acara Talk Show Sarah Sechan di Net TV
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Indonesia-C0213008-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh.Qomaruddin, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.