Penulis Utama : Ardyan Gilang Ramadhan
NIM / NIP : D0112010
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Ujian Nasional Computer Based Test di Kota Surakarta, Studi Kasus pada SMAN 8 Surakarta dan SMKN 4 Surakarta, Bagaimana pelaksanaan dan hambatan pelaksanaan Ujian Nasional Computer Based Test berdasarkan Komunikasi, Sumber daya, Sikap Pelaksana, Stuktur birokrasi,   
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta, Ketua BP2MK Wilayah III Jawa Tengah, Panitia Ujian Nasional Tingkat Kota/Kabupaten, Kepala SMAN 8 Surakarta dan SMKN 4 Surakarta, Siswa SMAN 8 Surakarta dan SMKN 4 Surakarta. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif.  
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, (1) tahapan pelaksanaan Ujian Nasional Computer Based Test sebagai berikut : (a) tahap sosialaisasi meliputi kegiatan sosialisasi UN CBT, pendataan sekolah, verifikasi infrastruktur, penetapan sekolah, penetapan jadwal  UN CBT. (b) tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pelaksanaan pra ujian, pelaksanaan ujian nasional, (c) tahap pasca ujian nasional, berupa pengolahan hasil ujian.dan evaluasi pelaksanaan Ujian Nasional .(2) Hambatan dalam pelaksanaan Ujian Nasional Computer Based Test antara lain : komunikasi antara para pelaksana kebijakan, kurangnya sumber daya manusia baik pada panitia tingkat kota/kabupaten atau pada tingkat satuan sekolah, dalam pelaksanaannya ada guru yang merasa tidak dilibatkan dalam proses Ujian Nasional CBT. (3) Meskipun UN CBT memiliki masalah ketika proses implementasi, tetapi UN CBT dapat mengurangi tingkat kecurangan pada ujian nasional.

Kata Kunci : Implementasi, Ujian Nasional Computer Based Test

 

×
Penulis Utama : Ardyan Gilang Ramadhan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112010
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Kebijakan Ujian Nasional Computer Based Test (UN-CBT) di Kota Surakarta 2017 (Studi Kasus di SMKN 4 dan SMAN 8 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Administrasi Negara-D0112010-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rutiana Dwi W., M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.