Penulis Utama : Andre Ardiansyah
NIM / NIP : C0213006
×

Penelitian  ini dilatarbelakangi oleh  penggunaan  metafora  dalam  lirik  lagu Grup Band Indonesia yang semakin banyak menggunakan bahasa metafora di dalam liriknya.  Silampukau  merupakan    salah  satu  Grup  Band  yang  datang  ke  dalam industri musik Indonesia dengan liriknya yang sarat akan makna metafora. Uniknya Silampukau fokus mengangkat isu-isu sosial yang ada di Surabaya kota asal dimana Grup Band tersebut  dibentuk dan dituangkan dalam satu album Dosa, Kota, dan Kenangan.   Hal  yang   menjadi  permasalahan  dalam  penelitian   ini  adalah  (1) Bagaimana jenis dan makna metafora dalam Lirik Lagu Grup Band Silampukau  pada album Dosa, Kota, dan Kenangan? (2) Bagaimana ekpresivitas metafora dalam lirik lagu Grup Band Silampukau pada album Dosa, Kota, dan Kenangan berdasarkan jarak tenor dengan wahana?.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bagaimana  jenis dan makna metafora dalam Lirik Lagu Grup Band Silampukau   pada album Dosa, Kota, dan Kenangan (2) mendeskripsikan bagaimana ekpresivitas metafora dalam Lirik Lagu Grup Band Silampukau pada album Dosa, Kota, dan Kenangan berdasarkan jarak tenor dengan wahana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.  Sumber  data  dalam  penelitian  ini  adalah     Lirik  Lagu  Grup  Band Silampukau dengan alamat (https://silampukau.com/lirik/dosa-kota-kenangan/) dan datanya berupa kalimat yang di dalamnya mengandung frasa atau klusa bentuk kemetaforaan. Metode penyediaan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik catat. Metode analisis yang digunakan adalah metode padan dengan teknik pilah unsur penentu (PUP) untuk menentukan   komponen makna   atau suatu kemiripan, selanjutnya untuk melihat  tingkat  kemiripan digunakan teknik  hubung banding menyamakan hal (HPBS). Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penyajian formal dan informal.
Dari  hasil  penelitian  yang  sudah  dilakukan,  ditemukan  Jenis  metafora antropomorfis 12 data, metafora binatang ditemukan 4 data, metafora dari konkret ke abstrak 29 data, dan metafora sinestetik 5 data. Jarak antara tenor dan wahana yang ditemukan dalam lirik lagu Grup Band Silampukau   mayoritas memiliki kesamaan emotif,  sehingga  jaraknya    dapat  dikatakan  jauh  antara  tenor  dengan  wahana. Metafora yang memiliki kemiripan emotif dapat dikatakan memiliki jarak yang jauh dan  metafora tersebut  merupakan   metafora yang ekspresif.  Dalam penelitian  ini ditemukan 32 buah data yang merupakan metafora dengan kemiripan emotif dan 18 buah data metafora dengan kemiripan objektif.

 

×
Penulis Utama : Andre Ardiansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0213006
Tahun : 2018
Judul : Kemetaforaan dalam Lirik Lagu Grup Band Silampukau
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Indonesia-C0213006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh Qomaruddin, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.