Penulis Utama : Berta Noviasari Setyoputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9414011
Tahun : 2018
Judul : Pengelolaan Bukit Sekipan Tawangmangu sebagai Daya Tarik Wisata Taman Tematik di Desa Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog. DIII Usaha Perjalanan Wisata-C9414011-2018
Subyek : PENGELOLAAN, DAYA TARIK WISATA, BUKIT SEKIPAN TAWANGMANGU, TAMAN TEMATIK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pesatnya perkembangan pariwisata ini banyak tumbuh obyek wisata yang mempunyai tema atau konsep unik untuk menarik minat wisatawan datang berkunjung salah satunya Bukit Sekipan Tawangmangu. Dibangun di daerah sejuk dan memiliki konsep ruang terbuka luas yang berbeda. Laporan Tugas Akhir ini membahas tentang bagaimana cara pengelolaan Bukit Sekipan Tawangmangu sebagai daya tarik wisata taman tematik di Desa Kalisoro yang dimana obyek wisata ini menyajikan wisata taman seperti salah satunya taman transportasi yang menyediakan berbagai alat transportasi, area hantu yang didalamnya terdapat beberapa macam bentuk hantu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi secara langsung di Bukit Sekipan Tawangmangu, metode wawancara untuk menggali informasi dengan beberapa informan, serta melakukan studi pustaka untuk mengumpulkan data-data baik dari perpustakaan maupun dari Bukit Sekipan Tawangmangu. Studi dokumenter dilakukan dengan mengambil gambar tempat penelitian untuk melengkapi data.
Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan mengenai sistem pengelolaan daya tarik seperti perencanaan pembangunan pelengkapan wahana-wahana baru, pengelolaan  mengoptimalkan  fungsi  para  karyawan  yaitu  warga  masyarakat sekitar yang dimiliki Bukit Sekipan Tawangmangu, analisis potensi 4A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, dan Anciliary) yaitu semua atraksi yang dimiliki cukup terawat, akses menuju obyek mudah dan amenitas fasilitas yang ada cukup baik serta kelembagaan yang mengelola Bukit Sekipan Tawangmangu secara baik dikelola secara swasta perorangan dan melakukan banyak promosi melalui media sosial. Kendala yang dihadapi diawal adalah permasalahan dengan warga sekitar seperti jalan yang rusak akibat banyak kendaraan lalu lalang, merasa tersaingi pengusaha swasta dan sumber daya manusia yang belum profesional dibidangnya. Solusi untuk kendala yang dihadapi adalah dengan dilakukannya pendekatan dan kerjasama dengan warga sekitar, menghadapi pengusaha swasta dengan tenang dan tidak menimbulkan pertikaian serta dilakukannya pembelajaran mengenai hal dibidang kepariwisataan.
Kesimpulan  penelitian  ini  sistem  pengelolaan  swasta  perorangan  dan dikelola oleh 25 karyawan dengan awalnya daya tarik yang disediakan hanya kolam pemancingan dan kolam renang lalu seiring dengan berkembangnya dibangun wahana yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung seperti dibangunnya taman berkonsep seperti taman transportasi, taman hewan, maupun taman hantu.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Umi Yuliati, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya