Penulis Utama : Eko Triono
NIM / NIP : S841308028
×

Pembelajaran sastra Indonesia mengalami perkembangan dari masa ke masa seiring dengan perkembangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) tujuan pengajaran sastra dalam kurikulum KTSP dan K13 pada jenjang SMA; 2) fungsi pengajaran sastra dalam kurikulum KTSP dan K13 pada jenjang SMA; dan 3) materi pengajaran sastra dalam kurikulum KTSP dan K13 pada jenjang SMA.
Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni analisis konten dan wawancara terstruktur. Data penelitian diperoleh dari arsip dokumen, informan, dan buku ajar bahasa Indonesia KTSP dan K13. Validitas data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi data. Data dianalisis secara interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pengajaran sastra dalam KTSP dan K13 pada jenjang SMA yaitu agar siswa mampu menganalisis dan mencipta karya sastra, serta mengembangkan karakter individu dan sosial melalui karya sastra. Berdasarkan hal itu, dapat disimpulkan bahwa fungsi pengajaran sastra di dalam KTSP dan K13 yakni menjadikan karya sastra sebagai sarana untuk mencapai keterampilan berbahasa. Materi pengajaran sastra di dalam KTSP dan K13 yaitu cerita pendek, puisi, drama, novel, resensi.

 

×
Penulis Utama : Eko Triono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841308028
Tahun : 2018
Judul : Tujuan, Fungsi, dan Materi Pembelajaran Sastra Indonesia dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pemdidikan dan Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S841308028-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.