Penulis Utama : Fajrina Fathin Astari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3213027
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Pembuatan Wayang Kardus pada Komunitas Solo Mengajar di Taman Cerdas Cabang Joyotakan, Surakarta Tahun 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3213027-2018
Subyek : NONFORMAL, PEMBELAJARAN, WAYANG KARDUS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) tujuan, (2) materi, (3) metode, (4) media, (5) sistem evaluasi, (6) faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran pembuatan wayang kardus, dan (7) visualisasi hasil karya wayang kardus.
Bentuk penelitian ini adalah studi kasus terpancang. Sumber data dalam penelitian ini berupa informan, tempat dan peristiwa, arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara semi terstruktur, observasi, analisis dokumen dan arsip. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir yang proses tahapannya meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Tujuan pembelajaran pembuatan wayang kardus di Taman Cerdas Joyotakan adalah untuk menjadikan siswa lebih kreatif dalam mengekspresikan diri melalui media barang yang sudahtidakterpakai, murah, serta mudah ditemukan di lingkungan sekitar. (2) Materi pembelajaran pembuatan wayang kardus meliputi pengenalan wayang kardus, media kardus sebagai bahan pembuat wayang, dalam bentuk dongeng sebagai salah satu jenis cerita rakyat yang ada di Indonesia. (3) Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran pembuatan wayang kardus bervariasi, antara lain metode demonstrasi, metode diskusi, dan metode eksperimen. (4) Media yang digunakan dalam pembelajaran pembuatan wayang kardus antara lain media audio (lisan), visual, dan  audio visual. (5) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan membahas bersamaantara relawan mengajar terkait tentang kelebihan dan kekurangan pembelajaran pada setiap sesi. (6) Faktor penghambat pembelajaran terdapat pada keterbatasan relawan mengajar dalam membimbing siswa, waktu pengerjaan terbatas, dan siswa yang kurang termotivasi. Faktor pendukung pembelajaran yaitu sarana dan prasarana pembelajaran memadai, relawan mengajar secara antusias, cuaca yang mendukung, dan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran. (7) Visualisasi hasil karya wayang kardus ditinjau dari unsur seni rupa meliputi garis, bidang, warna, tekstur semu, dan gelap terang. Hasil karya siswa SMP cenderung lebih unggul dari segi kreativitas, visualisasi wayang, warnadan tekstur semu. Sedangkan siswa SMA/SMK cenderung kurang antusias pada materi dan visualisasikaryacenderung datar walaupun untuk garis, proporsi bidang dan hasil potongannya lebih rapi dari siswa SMP. 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP