Penulis Utama : Imam Hasan
NIM / NIP : S991702006
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan implementasi lesson study dalam mengembangkan kompetensi guru akuntansi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta; 2) mendeskripsikan kendala-kendala dalam implementasi lesson study pada program keahlian akuntansi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Latar penelitian di SMK Muhammadiyah Wonosari dan SMK YPKK 1 Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, ketua kompetensi keahlian akuntansi, guru akuntansi dan peserta didik akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus tipe instrumental tunggal. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, pengamatan, dan dokumentasi.  Validasi data menggunakan  teknik  triangulasi  sumber.  Teknik  analisis  data  menggunakan model Miles dan Huberman/model interaktif. Teknik ini memiliki beberapa tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan penarikan Kesimpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa implementasi lesson study dalam mengembangkan kompetensi guru akuntansi dengan cara meningkatkan kerja sama. Guru belajar bersama dan bekerja secara kolaboratif. Pertama, proses pengembangan kompetensi pedagogik terlihat dari semakin siapnya guru dalam mempersiapkan pengajarannya, melaksanakan pengajaran sesuai kondisi dan karakteristik peserta didik dan melakukan evaluasi atas pengajaran yang telah dilakukan. Kedua, proses pengembangan kompetensi profesional juga tampak dari seriusnya mereka dalam mempersiapkan materi pelajaran yang relevan, aktual dan kontekstual,  mengajarkannya  dengan  menghubungkan  pada  kehidupan  sehari- hari, serta melakukan evaluasi agar tetap terjaga kualitas materinya. Ketiga, proses pengembangan kompetensi sosial terlatih dengan semakin seringnya mereka berkomunikasi secara efektif, baik dengan sesama guru dan dengan peserta didik. Komunikasi tersebut akan mendorong kecakapan sosial guru menjadi semakin baik.   Keempat,   proses   pengembangan   kompetensi   kepribadian   ditunjukkan dengan sikap guru yang semakin bijaksana dan berwibawa dalam mengelola kegiatan belajar mengajar (KBM). Hal ini membuktikan bahwa lesson study memberikan banyak keuntungan bagi guru akuntansi, namun pelaksanaan lesson study juga tidak terlepas dari kendala-kendala. Terdapat enam macam kendala yang dihadapi guru. Kendala ini berkaitan dengan proses persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pelajaran dan pembelajaran. Selain itu, kendala juga muncul pada proses interaksi sosial.

 

×
Penulis Utama : Imam Hasan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991702006
Tahun : 2018
Judul : Lesson Study dalam Mewujudkan Profesionalisme Guru Akuntansi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Ekonomi-S991702006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Trisno Martono, M.M.
2. Dr. Susilaningsih, M. Bus.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.