Penulis Utama : Tisa Rahayu Vitiana
NIM / NIP : S841302037
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) menganalisis dan menjelaskan perwatakan tokoh-tokoh novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari. (2) menganalisis dan menjelaskan konflik antar tokoh dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (3) menganalisis dan menjelaskan Id dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (4) menganalisis dan menjelaskan Ego dalam novel Bekisar Merah karya Amad Tohari. (5) menganalisis dan menjelaskan Superego dalam   novel   Bekisar   Merah   karya   Amad   Tohari.   (6)   menganalisis   dan menjelaskan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari. (7) menganalisis dan menjelaskan relevansi pembelajaran sastra terutama novel di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi pustaka tidak waktu serta tidak terikat dengan tempat penelitian. Penelitian ini dimulai bulan Agustus 2017 sampai januari 2018. Penelitian ini dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, penganalis, penafsir data, dan pelaporan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik noninteraktif dilakukan dengan cara membaca, mencatat dokumen atau arsip (content analysis), dan riset pustaka. Dalam hal ini peneliti bertindak sebagai pembaca aktif, terus menerus membaca, mengamati, dan mengidentifikasi satuan- satuan tutur yang sesuai dengan tujuan penelitian. Kemudian menafsirkan dan menganalisis data penelitian digunakan instrumen pembantu berupa panduan kodifikasi data. Triangulasi data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah novel Bekisar Merahkarya Ahmad Tohari. Selain itu, peneliti juga menggunakan triangulasi sumber, yaitu teknik pemeriksaan kebenaran data hasil analisis dengan mewawancarai penulis novel Bekisar Merah, yaitu Ahmad Tohari. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Dalam proses analisis data terdapat tiga komponen utama yang harus dipahami oleh seorang peneliti, yaitu Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Display Data), Penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian adalah: (1) perwatakan tokoh dalam novel ini memiliki ciri khas tersendiri (2)  ada beberapa konflik  yang terjadi  antara tokoh  utama dengan tokoh pendukung lainnya (3) aspek Id, Ego, dan Superego dalam novel Bekisar Merah ini terlihat jelas dalam penggalan cerita.(4) pendidikan karakter terlihat jelas dengan adanya jujur, cerdas, tanggung jawab, peduli, kreatif, kreatif dan gotong royong. (5) adanya pembelajaran karya sastra terutama novel di SMA khususnya kelas XII.

 

×
Penulis Utama : Tisa Rahayu Vitiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841302037
Tahun : 2018
Judul : Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Novel Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari dengan Relevansi Pembelajaran sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S841302037-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd
2. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.