Penulis Utama : Christy Amelia Ivania
NIM / NIP : H0814023
×

RINGKASAN


Christy Amelia Ivania. H0814023. “Strategi Pemasaran Teh lidah Buaya pada UKM Jestkins di Kota Pontianak, Kalimantan Barat”, di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si. dan Bapak R. Kunto Adi, S.P., M.P.  Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Pertanian di Indonesia memegang peranan penting dalam menunjang perekonomian   bangsa,   salah   satunya   adalah   sektor   horltikultura.   tanaman unggulan di sektor horltikultura yang sedang diusahakan adalah lidah buaya. Tanaman lidah buaya kini mulai diolah menjadi makanan maupun minuman. Kalimantan barat tepatnya di Kota Pontianak merupakan daerah penghasil lidah buaya terbesar diikuti dengan berkembangnya industri-industri kecil yang memproduksi makanan dan minuman lidah buaya. Jestkins merupakan salah satu industri yang memproduksi minuman, coklat, jelly dan teh lidah buaya. Teh lidah buaya  Jestkins  merupakan  teh  yang  unik  karena  merupakan  perpaduan  lidah buaya  dan  bunga krisan, namun  dalam  perkembangannya Jestkins  mengalami penurunan penjualan dan kesulitan terkait pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran teh lidah buaya, mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, alternatif strategi pemasaran, dan menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran teh lidah buaya Jestkins.
Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah   data   primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik  wawancara,  observasi, dan pencatatan. Sumber informan terdiri dari pemilik perusahaan, karyawan pemasaran, Disperindag Kalimantan Barat, pesaing, lembaga pemasaran dan konsumen. Metode analisis data menggunakan analisis matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan QSPM.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasaran teh lidah buaya Jestkins berdasarkan matriks IFE dan EFE memiliki kekuatan terbesar yaitu produk teh yang unik dengan skor 0,440, kelemahan terbesar terdapat pada sistem promosi online yang belum optimal dengan skor 0,202, peluang terbesar adalah konsumen merasakan manfaat yan positif dengan skor 0,380, dan ancaman terbesar adalah pesaing sudah memasarkan produknya melaui media internet dengan skor 0,206. Berdasarkan matriks IE diketahui bahwa posisi perusahaan berada pada sel V dengan strategi stabilitas yang dapat direkomendasikan yaitu mempertahankan ciri khas dan menjaga kualitas untuk mempertahankan konsumen lama serta menarik minat konsumen baru, menambah variasi kemasan dan harga, menambah sarana transportasi dan tenaga kerja ahli di bidang teknologi informasi, bekerja sama dengan pemerintah untuk mengenalkan produk ke masyarakat serta melakukan promosi penjualan untuk menarik minat konsumen. Berdasarkan matriks QSPM, diketahui prioritas strategi yang dapat dilakukan adalah melakukan promosi penjualan yang menarik untuk menarik minat konsumen lama dan konsumen baru dengan skor 6,285
Saran yang dapat direkomendasikan adalah melakukan promosi penjualan yang menarik, memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen serta menambah sertifikasi SNI dan BPOM pada produk teh lidah buaya Jestkins.

 

×
Penulis Utama : Christy Amelia Ivania
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814023
Tahun : 2018
Judul : Strategi Pemasaran Teh Lidah Buaya Pada Ukm Jestkins Di Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pertanian-Prog- Agribisnis- H0814023-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.