Penulis Utama : Janang Wibisono
NIM / NIP : D0114068
×

ABSTRAK

Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) sebagai salah satu industri di bidang produksi makanan dan minuman yang berkembang di Kota Surakarta. Hasil olahan industri rumah tangga pangan harus memperhatikan standar keamanan persyaratan produksi makanan dan minuman dengan kewajiban memiliki Sertifikat Industri Rumah Tangga Pangan (SPP-IRT) yang didasarkan pada Peraturan BPOM Nomor Hk.03.1.23.04.12.2205 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemberian SPP-IRT melalui Dinas Kesehatan Kota Surakarta. Namun dalam pelaksanaan pelayanan penerbitan SPP-IRT pada Dinas Kesehatan Kota Surakarta masih ditemui beberapa masalah terkait hal strategi pelayanan, sistem pelayanan penerbitan SPP-IRT, serta sumber daya manusia pelayanan.

Dalam penelitian ini, penulis menganalisis dengan model segitiga pelayanan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana strategi pelayanan yang baik, sistem pelayanan yang ramah, serta sumber daya manusia yang berorientasi pada pelanggan dalam pelayanan penerbitan SPP-IRT. Dengan lokasi penelitian di Dinas Kesehatan Kota Surakarta, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan menggambarkan pelaksanaan manajemen pelayanan yang sudah berjalan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling dan accidental sampling.

Hasil penelitian menunjukkan proses layanan penerbitan SPP-IRT sudah berjalan lancar. Dalam strategi pelayanan, pengembangan prosedur pelayanan dan pengembangan budaya kerja sudah dijalankan dengan baik, meskipun pengembangan infrastruktur masih memerlukan perbaikan. Dari sumber daya manusia, petugas pemberi layanan penerbitan SPP-IRT dilihat dari aspek pengetahuan, ketrampilan, dan ability sudah berjalan dengan baik meskipun ditemukan kurangnya sumber daya manusia. Sementara itu, dari sistem pelayanan penerbitan SPP-IRT sudah memenuhi kriteria sistem pelayanan yang mencukupi, hanya saja memerlukan pemanfaatan teknologi informasi yang mampu meningkatkan kinerja dan manajemen dalam layanan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT).

Kata Kunci: Manajemen Pelayanan, Segitiga Pelayanan, Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)

 

×
Penulis Utama : Janang Wibisono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0114068
Tahun : 2018
Judul : Manajemen Pelayanan Penerbitan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) pada Dinas Kesehatan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Administrasi Negara-D0114068 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.