Penulis Utama : Leon Akbar
NIM / NIP : F3615044
×

ABSTRAK

Literasi keuangan adalah suatu keadaan dimana masyarakat luas dapat menentukan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan, masyarakat harus memahami dengan benar manfaat dan risiko, mengetahui hak dan kewajiban serta meyakini bahwa produk dan layanan jasa keuangan yang dipilih dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan inklusi keuangan adalah suatu keadaan dimana seluruh masyarakat dapat menjangkau akses layanan keuangan secara mudah dan memiliki budaya untuk mengoptimalkan penggunaan jasa keuangan.
Tugas Akhir ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pertumbuhan dan transaksi agen BRILink dari PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. cabang Boyolali, (2) mengetahui peran agen BRILink terhadap literasi dan inklusi keuangan di Kabupaten Boyolali, (3) mengetahui hambatan yang dialami Agen BRILink dalam rangka mewujudkan literasi dan inklusi keuangan di Kabupaten Boyolali.
Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis melakukan pengamatan langsung pada Bank BRI cabang Boyolali, Bank BRI Kcp Simo serta beberapa Agen BRILink. Pengumpulan data dilakukan selama kegiatan magang berlangsung. Data diperoleh dengan melakukan wawancara kepada supervisor, staff bagian mikro serta Agen BRILink.
Hasil penulisan ini menunjukan bahwa: (1) pertumbuhan Agen BRILink di unit kerja cabang Boyolali maupun Kcp Simo fluktuatif. Sedangkan pertumbuhan kuantitas serta nominal transaksi Agen BRILink menunjukan trend menurun, (2) Peran Agen BRILink bagi masyarakat yaitu kemudahan akses layanan jasa perbankan, bertransaksi tidak dibatasi jam kantor. Peran Agen BRILink bagi Bank BRI yaitu memperluas market share, sebagai marketing produk Bank BRI dan shifting transaksi dari Unit Kerja Operasional (UKO) ke Agen BRILink, (3) hambatan yang dialami Agen BRILink yaitu minim signal pada mesin EDC, complaint handling yang kurang cepat.
Saran yang dapat penulis sampaikan yaitu: (1) membentuk petugas khusus untuk maintenance Agen BRILink, (2) memberikan reward kepada Agen BRILink yang mampu membukukan transaksi terbanyak.
Kata Kunci: Agen BRILink, Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan

 

×
Penulis Utama : Leon Akbar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3615044
Tahun : 2018
Judul : Peran Agen BRILink Dalam Rangka Mewujudkan Literasi dan Inklusi Keuangan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO), Tbk Kantor Cabang Boyolali Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia KCP Simo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Program DIII Jurusan Keuangan Dan Perbankan-F3615044-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Istiqomah, SE., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.