Penulis Utama : Bambang Dwi Sumarta
NIM / NIP : F3215014
×

ABSTRAK

Bauran promosi merupakan arus informasi untuk mempengaruhi, membujuk serta mengingatkan konsumen akan suatu produk dalam suatu perusahaan. Memuat tentang salah satu alur dalam dunia pemasaran yaitu mengenai bauran promosi dalam usaha sebuah perusahaan memasarkan suatu produk baru. Sehingga dapat ditarik kesimpulah bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran promosi apa sajakah yang digunakan PT.PLN (Persero) APJ Surakarta dalam memasarkan produk baru untuk menarik minat banyak pelanggan.
Metode yang digunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan studi pustaka serta pengumpulan data yang dipergunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data dengan menggunakan metode deskriptif yaitu suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan dan menceritakan suatu keadaan, situasi yang terjadi pada suatu objek yang sedang diteliti sesuai dengan kenyataan.
Penelitian ini dilakukan pada PT.PLN (Persero) APJ Surakarta yang terletak di Jl.Brigjend Slamet Riyadi No.468 Surakarta. Didalam pemasaranya PT.PLN (persero) APJ Surakarta menerapkan strategi bauran pemasaran yang mencakup 4P, yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place. Dan perusahaan harus bisa menarik minat pelanggan yang sebelumnya sudah memakai produk listrik pasca bayar untuk berpindah ke produk baru listrik prabayar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, kesimpulan yang didapat adalah PT.PLN (Persero) APJ Surakarta menggunakan empat bauran promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung. Sedangkan saran yang dapat dikemukakan adalah agar perusahaan lebih banyak lagi dalam merekrut perantara, agar kebutuhan perusahaan tentang meteran prabayar tidak menjadi masalah utama lagi bagi perusahaan dan permintaan pelanggan dapat terpenuhi dengan baik.

Kata kunci : Bauran pemasaran, Bauran promosi : periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung.
 

 

×
Penulis Utama : Bambang Dwi Sumarta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3215014
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Bauran Promosi dalam Memasarkan Listrik Prabayar pada PT PLN (PERSERO) APJ Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. FEB. Jur. Manajemen Pemasaran- F3215014-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Purwanto, M.BA,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.