Penulis Utama : Agus Salim
NIM / NIP : S831602029
×

ABSTRAK
        Perencanaan pembelajaran yang baik, menarik, dan sistematis dapat dihadirkan dalam sebuah susunan perangkat pembelajaran yang saling terpadu antara konsep satu dengan konsep yang lainnya. Sehingga dapat memungkinkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan terlaksana. Untuk itu, diperlukan sebuah perangkat pembelajaran baru Berbasis PAIKEM dengan model Discovery Learning yang dapat dijadikan sebagai contoh bagi guru untuk merencanakan pembelajaran dengan baik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tahapan dalam pengembangan pembelajaran IPA, (2) kualitas perangkat pembelajaran IPA, dan (3) pencapaian hasil belajar siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran IPA baru berbasis PAIKEM dengan model Discovery Learning.
        Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengadaptasikan Four D models (define, design, develop, dan deseminate) menurut Thiagarajan (1974). Data hasil aktivitas siswa dan literasi sains dianalisis dengan uji Friedman test dan Paired sample t test, menggunakan software SPSS 17.
        Penelitian pengembangan yang telah dilaksanakan memberikan hasil: (1) Hasil aktivitas belajar siswa mendapatkan nilai rerata pada pertemuan pertama = 62,42, pertemuan kedua = 85,62, dan pertemuan ketiga =93,46 dengan nilai asymp. sig. p = 0,000 atau p < 0,001, dan p < α maka 0,001 < 0,05. (2) Hasil kognitif pada uji nomalitas Kolmogorov-Smirnova nilai pretes Sig. = 0,070, dan postes Sig. = 0,093 Ho diterima, hasil uji homogenitas Levene’s test nilai Sig. = 0,537 Ho diterima, sedangkan hasil uji t pada uji Paired sample t test nilai rerata pretes = 67,1154 dan postes = 77,5385 dengan nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan thitung = - 5,231, dengan nilai probabilitas < 0,05, maka Ho ditolak, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretes dan postes. Dan (3) Hasil pada ranah afektif dengan uji Friedman test mengalami peningkatan reratanya yang signifikan di setiap pertemuan.
        Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran IPA berbasis PAIKEM dengan model Discovery Learniang dapat meningkatkan aktivitas siswa dan literasi sains pada siswa SMPN 2 Paron kelas VII Semester II materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya.

Kata kunci: Pengembangan Pembelajaran, Kualitas Produk, Hasil Belajar Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
       

×
Penulis Utama : Agus Salim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831602029
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Pembelajaran Ipa Berbasis Paikem Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Literasi Sains
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan IPA-S831602029-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.
2. Prof. Dr. Maridi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.