Penulis Utama : Sela Angela Putri
NIM / NIP : I0314088
×

ABSTRAK
Hip joint merupakan salah satu sendi yang psering digunakan manusia dalam beraktivitas. Hip joint dapat terganggu fungsinya apabila terkena kecelakaan atau penyakit. Hal inilah yang membuat penderita perlu mendapat implan untuk mengembalikan produktivitas pemiliknya. Implan harus bersifat biokompatibel, bioaktif, dan memiliki kekuatan yang tinggi dan tangguh agar tidak mudah rusak. Implan dalam penelitian ini dibuat dari material Stainless Steel 304. Salah satu tahapan dalam pembuatan implan adalah proses electroplating. Metode electroplating yang dilaksanakan adalah hard chrome. Beberapa kondisi yang dianggap mempengaruhi proses electroplating serta dijadikan sebagai parameter proses adalah konsentrasi chromic acid, tegangan listrik, dan lama waktu pelapisan. Penelitian ini menggunakan metode Taguchi untuk mendesain pelaksanaan eksperimen, sedangkan untuk mendapatkan prediksi level signifikansi yang berpengaruh, digunakan ANOVA melalui Minitab 16. Terdapat dua respon yang diuji dalam penelitian ini, yaitu nilai kekerasan material setelah proses electroplating dan ketebalan lapisan electroplating.  Dari perhitungan ANOVA diketahui bahwa parameter proses yang paling signifikan untuk nilai ketebalan electroplating adalah konsentrasi chromic acid, waktu electroplating, dan tegangan listrik. Sedangkan untuk respon kekerasan material, parameter proses yang paling signifikan adalah parameter proses waktu electroplating, tegangan listrik, dan  konsentrasi chromic acid. Kedua respon tersebut dikombinasikan (combined objectives/CO) untuk dilakukan proses optimisasi menggunakan metode Particle Swarm Optimization (PSO). Dalam penelitian ini dijelaskan bahwa nilai CO optimum sebesar 17.281 akan  didapat dengan parameter proses konsentrasi chromic acid sebesar 110.5 mol, tegangan listrik sebesar 6.65 volt, dan waktu electroplating selama 5.17 menit. Dari kombinasi nilai optimum masing-masing parameter proses, prediksi nilai kekerasan material yang akan didapat sebesar 28.29 HRC dan nilai ketebalan lapisan electroplating sebesar 6.4 µm. 
Kata kunci: hip joint implant, hard chrome, ketebalan electroplating, Rockwell hardness, SS304, Optimasi, Taguchi, Particle Swarm Optimization (Pso)

×
Penulis Utama : Sela Angela Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0314088
Tahun : 2018
Judul : Optimisasi Karakteristik Multirespon pada Proses Electroplating Hip Joint Implant Menggunakan Metode Taguchi dan Particle Swarm Optimization (Pso)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Program Sarjana Teknik Industri-I0314088-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eko Pujiyanto S.Si., M.T.,
2. Joko Triyono, S.T., M.T.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.