Penulis Utama : Fikri Zakiy
NIM / NIP : F0214047
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan membantu Program Studi S1 Manajemen FEB UNS dalam penyediaan informasi untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pemilihan minat studi oleh mahasiswa. Informasi tersebut diharapkan dapat mengatas ketidakpastian dan keterbatasan data yang tersedia dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pengambilan minat studi oleh mahasiswa Program Studi S1 Manajemen FEB UNS.
Penelitian ini meggunakan data sekunder, yaitu nilai mahasiswa beserta pilihan minat studi masing-masing mahasiswa yang diperoleh dari Sistem Akademik UNS (SIAKAD) atas izin penyelenggara pendidikan Program Studi S1 Manajemen FEB UNS. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teoerma Bayes dan Peramalan dengan Uji Regresi Logistik Binomial.Hasil dari penelitian ini adalah Teorema Bayes berhasil memberikan hasil Posterior Probability, yaitu peluang mahasiswa dalam memilih masing-masing minat studi pada Program Studi S1 Manajemen FEB UNS yang telah ditambahkan dengan informasi baru berupa perolehan nilai mahasiswa dalam setiap kelompok mata kuliah yang berkaitan dengan minat studi. Namun, berdasarkan Uji ANOVA, tidak ada perbedaan yang signifikan pada peluang seorang mahasiswa akan memilih suatu minat studi, ketika mahasiswa tersebut mendapatkan nilai yang Tinggi, Sedang, maupun Rendah. Analisis Regresi Logistik Binomial belum bisa memberikan hasil penuh karena dari empat pengujian hanya dua yang memenuhi Goodness of Fit, yaitu minat studi Manajemen Keuangan dan Manajemen Sumberdaya Manusia, sedangkan dua lainnya, yaitu Manajemen Pemasaran dan Manajemen Operasi belum memenuhi syarat Goodness of Fit. Untuk kasus ini, metode yang dapat memberikan informasi untuk pengambilan keputusan adalah Teorema Bayes.


Kata Kunci:     Pengambilan Keputusan, Teorema Bayes, Analisis Regresi Logistik Binomial.

 

×
Penulis Utama : Fikri Zakiy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0214047
Tahun : 2018
Judul : Analisis Probabilitas Pemilihan Minat Studi Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen FEB UNS dengan Menggunakan Teorema Bayes
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. FEB. Jur. Manajemen- F0214047-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hidajat Hendarsjah, S.Si., MM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.