Penulis Utama : Anggun Puspitasari
NIM / NIP : K6414009
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara variabel Kemampuan Siswa dalam Mengidentifikasi Faktor Pendorong dan Penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa  dengan Sikap Proaktif Siswa dalam Menerapkan Nilai-Nilai Persatuan Kelas XI Di SMA 2 Batik Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi yang digunakan mencakup seluruh siswa baik IPA maupun IPS kelas XI SMA 2 Batik Surakarta dengan jumlah 292 siswa. Sampel dalam penelitian  ini  di  ambil  secara acak atau Random Sampling diperoleh sejumlah 58 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada dua yaitu tes dan angket. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data adalah analisis korelasi product moment.
Berdasarkan  hasil  penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara Kemampuan Siswa dalam Mengidentifikasi Faktor Pendorong  dan  Penghambat  Persatuan  dan  Kesatuan Bangsa dengan Sikap Proaktif Siswa dalam Menerapkan Nilai-Nilai Persatuan Kelas XI Di SMA 2 Batik Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018 yang dibuktikan dengan hasil perhitungan Korelasi Product Moment rhitung >r tabel yaitu (0,901 > 0,254) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif. Selanjutnya dibuktikan dengan uji signifikansi menggunakan uji keberartian koefisien korelasi (uji t) sehingga diperoleh thitung  15,49 > t tabel  yaitu   1,67 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dengan sikap proaktif menerapkan nilai-nilai persatuan.

Kata Kunci : Kemampuan Mengidentifikasi,Persatuan&Kesatuan Bangsa, Sikap

×
Penulis Utama : Anggun Puspitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6414009
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Kemampuan Siswa dalam Mengidentifikasi Faktor Pendorong dan Penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan Sikap Proaktif Siswa dalam Menerapkan Nilai-Nilai Persatuan Kelas XI di SMA 2 Batik Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K6414009-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hassan Suryono, SH.,MH.,M.Pd.
2. Muh. Hendri Nuryadi S.Pd M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.