Penulis Utama : Novia Lusiana
NIM / NIP : F0213071
×

ABSTRAK

City branding adalah strategi untuk meningkatkan nilai aset suatu kota dengan memberikan karakter positif sebuah kota dan menciptakan identitas yang unik bagi kota, sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap warganya dan dapat meningkatkan nilai merek sebuah kota. Strategi pelaksanaan city branding dalam setiap kota di dunia berbeda – beda. Begitu pula dengaan Kota Solo yang menciptakan Branding kotanya yaitu “Solo The Spirit Of Java”. Solo dikenal kekayaan budaya Jawa serta keramah tamahan penduduk aslinya, namun Solo tidak memiliki daya tarik alam.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang strategi Pemerintah Kota dalam penyelenggaraan city branding Solo dan mengetahui gambaran kesan atau citra yang dimiliki masyarakat Kota Solo maupun masyarakat luar Kota Solo, Budayawan Kota Solo serta Relawan Kota Solo tentang kota Solo, juga untuk mengetahui dampak adanya city branding Solo terhadap kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Penelitian kualitatif bersifat subyektif, dengan melakukan wawancara terhadap sumber data kemudian melakukan analisis dan
menyusun laporan.   
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Solo memiliki beberapa kerangka kerja city branding yaitu Solo sebagai Warisan Budaya Dunia, Sinergi Soloraya, Sinergi Masyarakat Kota Solo, Slogan The Spirit of Java, Solo sebagai Kota Budaya, Infrastruktur yang baik, Promosi, Perilaku The Spirit of Java, Pariwisata, Sinergi dengan Pemangku Kepentingan atau Stakeholder, Komunitas Lokal, Pembangunan, City scape, dan Peluang. Kemudian citra yang dimiliki masyarakat Kota Solo, masyarakat Luar Kota Solo, Budayawan Kota Solo serta Relawan Kota Solo terhadap Kota Solo adalah Solo merupakan Kota Budaya, yang menjadi Pusat Kebudayaan Jawa serta memiliki Akar Budaya yang kuat. Sehingga nantinya keberhasilan strategi city branding Solo dapat diukur dengan jumlah kunjungan wisatawan serta lamanya wisatawan mengunjungi Solo.

Kata Kunci: Branding, City branding, Citra Kota, Kota Budaya

 

×
Penulis Utama : Novia Lusiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0213071
Tahun : 2018
Judul : Evaluasi Strategi City Branding Solo The Spirit Of Java (Studi Kasus City Branding di Kota Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. FEB. Jur. Manajemen-F0213071-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Retno Tanding Suryandari, SE., M.E,.Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.