Penulis Utama : Punta Rizky
NIM / NIP : C0514048
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) munculnya surat kabar Harian Rakjat, (2) perkembangan dari surat kabar Harian Rakjat tahun 1951-1955, (3) misi partai dalam surat kabar Harian Rakjat tahun 1951-1955.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi: Heuristik berupa arsip dokumen yaitu surat kabar Harian Rakjat dan surat undangan dalam pemilihan umum tahun 1955, serta menggunakan buku-buku referensi. Tahap selanjutnya adalah Kritik Sumber intern maupun ekstren, Interpretasi dan Historiografi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran surat kabar Harian Rakjat sangat penting untuk perkembangan Partai Komunis Indonesia pada tahun 1951-1955 di Indonesia. Tokoh utama seperti D.N. Aidit, M.H. Lukman dan Njoto memberikan energi yang positif untuk surat kabar Harian Rakjat hingga pemilihan umum tahun 1955 di Indonesia terlaksana. Partai Komunis Indonesia telah sukses meraih suara rakyat untuk pemilihan umum 1955 melalui surat kabar Harian Rakjat dan Partai Komunis Indonesia mendapatkan posisi keempat pada pemilihan umum itu. Perolehan suara dari Parlemen sebanyak 6.176.914 dan dari Konstituante sebanyak 6.232.512. Tidak hanya tentang tokoh dalam partai, faktor lain dalam kemenangan pemilihan umum adalah dewan redaksi memunculkan sebuah berita konflik sebagai suatu peristiwa yang kontroversial dan itu otomatis membawa masyarakat tertarik untuk membaca surat kabar Harian Rakjat. Berita konflik ini biasanya ditujukan untuk pemerintah atau partai lain yang mengikuti pemilihan umum 1955 seperti, PNI, MASJUMI, dan NU.
 Kesimpulan dari penelitian ini adalah Peran Surat Kabar Harian Rakjat Sebagai Sarana Kampanye Partai Komunis Indonesia memberikan dampak positif bagi partai hingga proses pemilihan umum terlaksana dan mendapatkan hasil yang memuaskan baik dalam pemilihan umum Parlemen atau Konstituante sama-sama menduduki posisi keempat setelah tiga partai besar lainnya yaitu PNI, MASJUMI dan NU. Perubahan setelah dilaksanakannya pemilihan umum terlihat pada beberapa anggota partai masuk dalam sistem pemerintahan di era Presiden Sukarno.

Kata kunci: Surat Kabar Harian Rakjat¸ Partai Komunis Indonesia, Pemilihan Umum Indonesia.

 

×
Penulis Utama : Punta Rizky
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0514048
Tahun : 2018
Judul : Surat Kabar Harian Rakjat sebagai Sarana Kampanye Politik Partai Komunis Indonesia Tahun 1951-1955
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Ilmu Sejarah-C0514048-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supariadi, M.Hum,
2. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.