Penulis Utama : Tutut Herwinda
NIM / NIP : C0114063
×

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) keterkaitan antarunsur struktur pada cerkak-cerkak karya Yan Tohari menurut teori Robert Stanton yang meliputi (karakter, alur, latar, tema, judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi). (2) bentuk disintegrasi keluarga Jawa modern yang terdapat dalam lima cerkak karya Yan Tohari. (3) relevansi isi dari disintegrasi keluarga Jawa modern dalam lima cerkak karya Yan Tohari pada masa sekarang.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan : (1) keterkaitan antarunsur struktur pada cerkak-cerkak karya Yan Tohari menurut teori Robert Stanton yang meliputi (karakter, alur, latar, tema, judul,  sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi). (2) bentuk disintegrasi keluarga Jawa modern yang terdapat dalam lima cerkak karya Yan Tohari. (3) relevansi isi dari disintegrasi keluarga Jawa modern dalam lima cerkak karya Yan Tohari pada masa sekarang.
Penelitian ini menggunkan landasan teori yaitu cerkak, struktural Robert Stanton untuk mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik yang meliputi: Fakta-fakta cerita (karakter, alur, latar); Tema dan Saran-saran sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi), pendekatan sosiologi sastra, disintegrasi, keluarga, keluarga Jawa modern.
Jenis penelitian ini adalah penelitian sastra. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah lima cerkak karya Yan Tohari. Sumber data adalah pengarang dan lima cerkak karya Yan Tohari. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata-kata, kalimat-kalimat dan dialog antartokoh yang mengandung bentuk-bentuk disintegrasi keluarga Jawa modern dan relevansi isi dari disintegrasi keluarga Jawa modern dalam lima cerkak karya Yan Tohari pada masa sekarang. Sumber data yang digunakan kelima cerkak karya Yan Tohari dan pengarang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan teknik Triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis sosiologi sastra.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ditinjau dari keterkaitan antarunsur struktur pada cerkak-cerkak karya Yan Tohari menurut teori Robert Stanton yang meliputi (karakter, alur, latar, tema, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi) menunjukkan adanya hubungan yang erat dan saling terkait antarunsur satu dengan unsur yang satunya (2) ditinjau dari bentuk disintegrasi keluarga Jawa modern yang terdapat dalam lima cerkak karya Yan Tohari ada yang sama ada yang tidak sama, meliputi: tidak adanya rasa kekeluargaan, rasa tidak saling percaya dalam keluarga, terjadinya perselingkuhan, tidak adanya komunikasi yang lancar dalam keluarga, dan terjadinya perselingkuhan.  (3) ditinjau dari lima cerkak tersebut mempunyai relevansi terhadap realitas kehidupan yang berhubungan dengan disintegrasi keluarga jawa modern pada zaman sekarang ini. Serta hal ini dapat mengembangkan ide-ide pengarang melalui realitas sosial di lingkup sekitarnya.  

Kata kunci: Cerkak, Disintegrasi keluarga Jawa modern, Sosiologi sastra.

 

×
Penulis Utama : Tutut Herwinda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114063
Tahun : 2018
Judul : Disintegrasi Keluarga Jawa Modern dalam Lima Cerkak Karya Yan Tohari (Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Daerah-C0114063-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S, M.Hum, Ph.D,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.