Penulis Utama : Letrince Paula Awek
NIM / NIP : G0114109
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara loneliness dan kepercayaan diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa afirmatif Papua di Universitas Sebelas Maret Surakarta, (2) hubungan antara loneliness dengan penyesuaian diri pada mahasiswa afirmatif Papua di Universitas Sebelas Maret Surakarta, (3) hubungan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa afirmatif Papua di Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Sampel dalam penelitian ini adalah 48 mahasiswa afirmatif Papua yang berkuliah aktif di Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan menggunakan metode total sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala penyesuaian diri (rxx = 0,843), skala loneliness (rxx = 0,897), dan skala kepercayaan diri (rxx = 0,800). Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara loneliness dan kepercayaan diri dengan penyesuaian  diri, dengan nilai Fhitung = 26,470 (>Ftabel 3,204); nilai sig. 0,000 (p<0,05) dan nilai R= 0,735. Nilai R2  = 0,541 atau 54,1%, dengan sumbangan efektif l dan kepercayaan diri = 44,04%. Secara parsial, terdapat hubungan antara loneliness dengan penyesuaian diri (p<0,05; rx1y = 0.013) dan terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian diri (p<0,05; rx2y = 0,000).
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan signifikan antara loneliness dan kepercayaan diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa afirmatif Papua. Terdapat hubungan negatif dan signifikan antara loneliness dengan penyesuaian diri pada mahasiswa afirmatif Papua. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara keperyaan diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa afirmatif Papua.
Kata Kunci: Penyesuaian diri, loneliness, kepercayaan diri, mahasiswa afirmatif Papua    

 

×
Penulis Utama : Letrince Paula Awek
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0114109
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Loneliness Dan Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Afirmatif Papua Di Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Program Studi Psikologi - G0114109-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Munawir Yusuf, M.Psi.
2. Afia Fitriani, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.