Penulis Utama : Ristia Kumalasari
NIM / NIP : K4213063
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan: (1) wujud afiksasi dalam teks pawartaPanjebar Semangat edisi April– Juni 2017; (2) wujud afiksasi yang mendominasi pada teks pawarta Panjebar Semangat edisi April–Juni 2017; (3) kaitan proses afiksasi dalam teks pawarta Panjebar Semangat edisi April–Juni 2017 dengan pemahaman wacana pawarta.
Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis dokumen. Data yang disajikan berupa kata yang mendapatkan imbuhan (afiks) yang terdapat pada teks berita dalam majalah Panjebar Semangatedisi bulan April– Juni 2017.Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen, yaitu kumpulan teks pawarta dalam kolom Sariwarta pada majalah Panjebar Semangat edisi April– Juni 2017, serta informan yang merupakan narasumber ahli ilmu bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan dokumen serta wawancara dengan narasumber. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber data dan teori. Data bersumber dari dokumen dan informan.Teknik analisis data dalam penelitian ini menurut Sugiyono terdiri dari empat komponen yaitu: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) sajian data; (4) penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian data disimpulkan bahwa (1) wujud afiksasi dalam teks pawartaPanjebar Semangat edisi April– Juni 2017 berupa ater-ater anuswara, ater-ater a?, ma(A)?, ka?, ke? , di? , sa? , pa(A)? , pe?, seselan –um? , – in? ,panambang?e, ?an, ?ane, dan –ake, serta imbuhan bebarenganka- -an, pa(A)- - an, pra- -an, A- -i, A? ?ake, di- -i, di? ?ake,dan sa? ?e. Berdasarkan hasil temuan afiks tersebut dapat diketahui bahwa tidak semua afiks ditemukan dalam teks pawarta. Afiks? afiks yang ditemukan termasuk afiks yang biasa dipelajari oleh siswa kelas VIII SMP; (2) afiks yang mendominasi dalam teks pawartaPanjebar Semangat ialah panambang –e dan ater-ater anuswara; (3) proses afiksasi berkaitan dengan pemahaman wacanapawarta, berubahnya makna setiap kata berafiks mempengaruhi pemahaman wacana berita.
Kata kunci: afiksasi, teks berita, pemahaman wacana.

 

×
Penulis Utama : Ristia Kumalasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213063
Tahun : 2018
Judul : Analisis Afiksasi Pada Teks Berita Majalah Panjebar Semangat Edisi April – Juni 2017 Dan Kaitannya Dengan Pemahaman Wacana Pawarta Siswa Kelas VIII SMPp
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS - F. IKIP, Jur. Bahasa Jawa - K4213063- 2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Raheni Suhita, M.Hum,
2. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.