Penulis Utama : Diah Saputri
NIM / NIP : F0214033
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara inovasi, financial development, dan pertumbuhan ekonomi. Inovasi diukur dengan paten, dan pertumbuhan ekonomi diukur dengan tingkat pertumbuhan persentase tahunan PDB per kapita, sedangkan financial development diukur dengan sepuluh indikator, yang terbagi dalam dua kelompok indeks, yaitu pengembangan sektor perbankan dan pengembangan pasar modal. Pengembangan sektor perbankan memiliki tujuh indikator pengukur, sedangkan pengembangan pasar modal memiliki tiga indikator pengukur. Pembentukan indeks dilakukan melalui Principal Component Analysis (PCA), dengan catatan variabel sudah didefinisikan terlebih dahulu. Penelitian ini menggunakan data dari sepuluh negara-negara anggota ASEAN dengan periode pengamatan dari 1986-2015. Data penelitian merupakan data sekunder yang berasal dari World Development Indicator dan Global Financial Development pada World Bank. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji kausalitas granger, VECM, dan analisis IRF serta FEVD.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa perbedaan hasil pada arah hubungan ketiganya. Perbedaan ini dikarenakan perbedaan ukuran yang digunakan dalam penelitian. Dalam penelitian ini, terdapat tiga model yang masing-masing model memiliki empat case. Hubungan antara financial development dan pertumbuhan ekonomi dalam penelitian ini menunjukkan adanya hubungan searah dari financial development ke pertumbuhan ekonomi. Di sisi lain, pengujian pada pertumbuhan ekonomi dengan inovasi menunjukkan adanya hubungan kausalitas dua arah. Variasi hasil terjadi pada hubungan antara financial development dengan inovasi. Hasil pengujian model pertama menunjukkan bahwa terdapat kausalitas searah dari inovasi ke financial development. Pengujian model kedua justru memperlihatkan hasil sebaliknya, kausalitas searah terjadi dari financial development terhadap inovasi, sedangkan pada model yang ketiga, hasil pengujian menunjukkan adanya kausalitas dua arah antar variabelnya. Meskipun demikian, hubungan antara ketiga variabelnya menunjukkan adanya hubungan jangka panjang.

Kata kunci: financial development, inovasi, pertumbuhan ekonomi, granger causality

 

×
Penulis Utama : Diah Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0214033
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Inovasi, Financial Development, Dan Pertumbuhan Ekonomi (Pengujian Pada Negara-Negara Asean Periode 1986-2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen - F0214033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Harmadi, M.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.