Penulis Utama : Eni Parwanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Faktor-faktor yang mempengaruhi kredit usaha tani dan pengaruhnya terhadap pendapatan petani padi di Kabupaten Karanganyar musim tanam (1999-2000)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1100018-2003
Subyek : KREDIT PERTANIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh modal sendiri, jumlah tanggungan keluarga, pendidikan, lama usaha, umur dan luas lahan usaha tani terhadap KUT; bagaimana hubungan KUT dengan pendapatan petani penerima KUT. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh modal sendiri, jumlah tanggungan keluarga, pendidikan, lama usaha, umur, dan luas lahan terhadap KUT; untuk mengetahui hubungan KUT terhadap pendapatan petani penerima KUT di Kabupaten Karanganyar.

Berdasarkan pada permasalahan tersebut, penulis mengajukan hipotesis yaitu diduga faktor modal sendiri, tingkat pendidikan, lama usaha, usia, luas lahan berpengaruh positif terhadap KUT; diduga KUT mempunyai hubungan korelasi yang kuat terhadap pendapatan petani, semakin tinggi KUT maka semakin tinggi pula pendapatan petani.

Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan populasi penelitian adalah petani di Kabupaten Karanganyar. Teknik pengambilan sampel didasarkan pada metode purposive sampling dan area randam sampling. Maka didapat sampel petani di Kabupaten Karanganyar sebanyak 70 responden.

Metode analisis data pada hipotesis pertama menggunakan analisis regresi linear berganda dilanjutkan dengan uji t, uji F, serta uji asumsi klasik. Kemudian untuk hipotesis kedua menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa faktor modal sendiri, lama usaha, pendidikan, umur, dan luas lahan berpengaruh positif terhadap KUT karena nilai t hitung > t tabel = 2,045 dan signifikansi < 0,05; sedangakn untuk jumlah tanggungan keluarga tidak berpengaruh terhadap KUT karena t hitung (-1,062) < t tabel dan probabilitasnya = 0,292 > 0,05. Uji F menunjukkan bahwa F hitung sebesar 23,701 lebih besar dari pada F tabel yaitu 2,84.yang berarti Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa keenam faktor tersebut secara serempak berpengaruh terhadap Kredit Usaha Tani. Koefisien determinasi = 0,664 berarti bahwa bahwa variasi perubahan besarnya perubahan pendapatan petani sebesar 66,4 % dijelaskan oleh perubahan modal sendiri, jumlah tanggungan keluarga, lama usaha, tingkat pendidikan, umur, dan luas lahan. Sedangkan 33,6 % dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel tersebut. Dalam pengujian asumsi klasik tidak terdapat penyimpangan yang berarti.

Hipotesis kedua menggunakan analisis regresi linera sederhana dan dilanjutkan dengan uji t. Berdasarkan hasil olahan data bahwa jumlah KUT mempengaruhi pendapatan yang diterima petani dengan koefisien regresi 2,282 dan nilai probabilitas < 0,05, karena nilai t hitung > nilai t tabel.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis