Penulis Utama : Adit Ichsan Prasetyo
NIM / NIP : F3315002
×

ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui sistem informasi akuntansi pembelian bahan baku pada PT Wonorejo Makmur Abadi, (2) mengevaluasi sistem pengendalian internal pembelian bahan baku pada PT Wonorejo Makmur Abadi, (3) memberikan rekomendasi sistem informasi akuntansi pembelian bahan baku pada PT Wonorejo Makmur. Data yang dipelajari berupa data alur sistem informasi akuntansi pembelian bahan baku pada PT Wonorejo Makmur Abadi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan studi pustaka.

    Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem akuntansi pembelian bahan baku di PT Wonorejo Makmur Abadi sudah cukup memadai meskipun terdapat beberapa kelemahan. Kelemahan tersebut misalnya terjadi perangkapan fungsi pada fungsi penyimpanan dan fungsi operasi. Penggunaan dokumen yang telah memadai tetapi belum bernomor urut tercetak dan masih terdapat beberapa dokumen yang formatnya belum baku. Selain itu, terdapat prosedur pembelian bahan baku yang tidak dilaksanakan secara konsisten.

    Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan saran kepada PT. Wonorejo Makmur Abadi ebaiknya ada pemisahan fungsi operasi dan fungsi penyimpanan. Penggunaan formulir bernomor urut cetak dan diterapkan penggunaan dokumen standar pada dokumen jadwal kedatangan untuk memudahkan pertanggung jawaban. Selain itu, penerapan prosedur pembelian bahan baku sebaiknya diterapkan secara konsisten.


Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Pembelian bahan baku

 

×
Penulis Utama : Adit Ichsan Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3315002
Tahun : 2018
Judul : Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku pada PT Wonorejo Makmur Abadi
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi D III Akuntansi - F3315002 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Andi Asri Hapsari, SE, M.Sc, Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.