Penulis Utama : Yeni Faryanti
NIM / NIP : D1615077
×

ABSTRAK
Dalam melaksanakan KKM ( Kuliah Kerja Media ) penulis tertarik unutk bergabung dan bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi dibawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Industri migas yang dikenal sangat menantang membuat penulis semakin tertarik untuk mengetahui lebih dalam tugas Humas Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi dalam memberikan informasi kepada masyarakat luas maupun pihak yang berkepentingan.  Masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan informasi dan pelayanan yang baik, dan tugas dari instansi pemerintah adalah melayani masyarakat. Untuk itu pemerintah hendaknya memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, maka diperlukan suatu keahlian khusus untuk membangun komunikasi yang efektif kepada seluruh elemen. Perlu adanya komunikator yang bertanggung jawab, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membuat pihak mengerti menerima suatu situasi, untuk itu seorang Humas sebagai Communication Fascilitator sangat diperlukan.
        Pelaksanaan KKM ( Kuliah Kerja Media ) memberikan banyak pengalaman bagi penulis khususnya mengenai ilmu kehumasan. Selama dua bulan penulis berkesempatan untuk belajar mengenai apa saja tugas seorang praktisi Humas di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi. Kesempatan itu membuat penulis menjadi lebih mengerti bagaimana mengaplikasikan secara langsung ilmu yang penulis dapatkan selama massa kuliah. Kegiatan penulis selama melaksanakan KKM ( Kuliah Kerja Media ) adalah sebagai mediator anatara pihak internal dan pihak eksternal salah satunya dengan mengelola media sosial, membuat dan menyajikan informasi mengenai kegiatan di internal, dan seluruh kegiatan yang penulis laksanakan adalah sesuai dengan peran Humas sebagai Communication Fascilitator utamanya melakukan publikasi dan dokumentasi.
        Dokumentasi dan Publikasi yang dilakukan Humas Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi semata sebagai bentuk tanggung jawabnya memberikan informasi yang lengkap dan jelas baik kepada publik maupun kepada pihak yang berkepentingan. Sebagai instansi Pemerintahan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi wajib memberikan pelayan yang terbaik kepada publik maupun pihak yang berkepentingan, untuk itu perlunya peningkatan skill pada sumber daya manusianya agar informasi yang disajikan memiliki perkembangan.
Kata Kunci : Dokumentasi, Publikasi, Humas Pemerintah
 

×
Penulis Utama : Yeni Faryanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1615077
Tahun : 2018
Judul : Tugas Divisi Kehumasan pada Kegiatan Dokumentasi dan Publikasi Peluncuran Program Ecopark di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2018
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi DIII Komunikasi Terapan- D1615077-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ina Primasari, S.I.Kom, M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.