Penulis Utama : Yely Dwi Haristyana
NIM / NIP : D1615076
×

ABSTRAK

Komunikasi dewasa ini telah menjadi bagian peting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam sebuah perusahaan atau instansi komunkasi ini dilaksanakan oleh praktisi Humas (Hubungan Masyarakat). Tidak terkecuali bagi instansi pemerintah peran praktisi humas diperlukan guna menyampaikan informasi-informasi yang diperuntukkan khalayak luas atau masyarakat. Aktivitas utama humas di Badan Pusat  Statistik  Provinsi  Jawa  Timur  adalah  meyampaikan  informasi  statistik kepada publik.

Keberadaan Humas dalam lembaga pemerintahan (departermen, lembaga nondepartermen, Badan Usaha Milik Negara/BUMN) merupakan suatu keharusan fungsional dalam rangka tugas penyebaran informasi tentang kebijakan, program, dan kegiatan-kegiatan lembaga pemerintah pada masyarakat. Humas pemerintah memiliki tugas menyampaikan informasi dan penjelasan kepada khalayak atau publik terkait dengan kebijakan dan tindakan yang diambil pemerintah, serta menumbuhkan  dan  memelihara hubungan  harmonis  antara pemerintah  dengan publik.

Salah  satu  aktivitas  humas  adalah  menyampaikan  informasi  statistik  kepada publik atau masyarakat luas. Proses penyampaian informasi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui artikel. Hal ini dilakukan oleh humas Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, artikel ini kemudian di upload ke laman Facebook. penyampaian informasi melalui artikel ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam memahami informasi statistik.

Aktivitas humas di Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur dapat dilakukan dengan berbagai cara, selain melalui artikel antara lain dengan membuat infografis maupun melalui videografis. Hal lain yang dapat dilakukan humas adalah memumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menumbuhkan kesadaran akan pentingnya data statistik yang akurat.


Keyword: Humas Pemerintah, Proses Penyampaian Informasi.

 

×
Penulis Utama : Yely Dwi Haristyana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1615076
Tahun : 2018
Judul : Aktivitas Humas di Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur dalam Menyampaikan Informasi Statistik Kepada Publik
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2018
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi DIII Komunikasi Terapan- D1615076-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Henricus Hans Setyawan P., S.I.Kom., M.I. Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.