Penulis Utama : Wanda Eka Jayanti
NIM / NIP : S851608040
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses terjadinya interferensi berpikir siswa kelas IX SMP Al Islam 1 Surakarta dengan tingkat math anxiety tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan kerangka asimilasi dan akomodasi, (2) proses terjadinya interferensi berpikir siswa kelas IX SMP Al Islam 1 Surakarta dengan tingkat math anxiety sedang dalam menyelesai-kan masalah matematika berdasarkan kerangka asimilasi dan akomodasi, dan (3) proses terjadinya interferensi berpikir siswa kelas IX SMP Al Islam 1 Surakarta dengan tingkat math anxiety rendah dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan kerangka asimilasi dan akomodasi.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan strategi studi kasus. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 6 siswa kelas IX SMP Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik angket dan wawancara berbasis tes pemecahan masalah pada materi barisan dan deret aritmatika (BDA) serta barisan dan deret geometri (BDG). Validitas data diuji dengan menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Hubermann yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses interferensi berpikir siswa kelas IX SMP Al Islam 1 Surakarta dengan tingkat math anxiety tinggi dalam mengkonstruksi pengetahuan berdasarkan pemecahan masalah terindentifikasi mengalami interferensi proaktif. Siswa yang memiliki math anxiety tinggi tidak timbul keberanian untuk mencoba kembali (merefleksikan) jawaban yang telah diberikan sebelumnya dan melakukan proses berpikir asimilasi untuk menyelesai-kan masalah, sehingga hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan struktur masalah. (2) Proses interferensi berpikir siswa kelas IX SMP Al Islam 1 Surakarta dengan tingkat math anxiety sedang dalam mengkonstruksi pengetahuan berdasarkan pemecahan masalah terindentifikasi mengalami interferensi proaktif dan retroaktif. Siswa yang memiliki math anxiety sedang timbul keberanian untuk mencoba kembali (merefleksikan) jawaban yang telah diberikan sebelumnya dan melakukan proses berpikir asimilasi dan akomodasi untuk menyelesaikan masalah, namun tidak dapat mengubah jawaban menjadi benar. (3) Proses interferensi berpikir siswa kelas IX SMP Al Islam 1 Surakarta dengan tingkat math anxiety rendah dalam mengkonstruksi pengetahuan berdasarkan pemecahan masalah terindentifikasi mengalami interferensi proaktif dan retroaktif. Siswa yang memiliki math anxiety rendah memiliki kesadaran untuk mencoba kembali (merefleksikan) jawaban yang telah diberikan sebelumnya dan melakukan proses berpikir asimilasi dan akomodasi yang belum lengkap untuk menyelesaikan masalah, sehingga tidak mengubah jawaban menjadi benar. Temuan lain dalam penelitian ini yaitu terdapat satu siswa dengan tingkat math anxiety tinggi mengalami kejadian interferensi berpikir yang tidak dapat dikatagorikan berdasarkan jenis interferensi. Terjadinya interferensi proaktif, dimana pada saat siswa mengerjakan soal BDA menggunakan cara penyelesaian BDG dan terjadinya interferensi retroaktif, dimana pada saat siswa mengerjakan soal BDG menggunakan cara penyelesaian BDA.

Kata Kunci:   interferensi berpikir, konstruksi pengetahuan, kerangka asimilasi dan akomodasi, math anxiety

 

×
Penulis Utama : Wanda Eka Jayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851608040
Tahun : 2018
Judul : Proses Interferensi Berpikir Siswa Kelas IX SMP Al Islam 1 Surakarta dalam Mengkonstruksi Pengetahuan Berdasarkan Kerangka Asimilasi dan Akomodasi Ditinjau Dari Math Anxiety
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Magister Pendidikan Matematika - S851608040-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.
2. Dr. Sri Subanti, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.